PENAMBAHAN SENAM YOGA EFEKTIF TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG MEMAKAI OAD DI POLIKLINIK INTERNA RUMAH SAKIT TK II UDAYANA

  • Ni Nyoman Suratmiti Program Magister Fisiologi Keolahragaan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Luh Putu Ratna Sundari Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Susy Purnawati Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • I Putu Gede Adiatmika Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • I Made Muliarta Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Diabetes melitus (DM) sebagai kumpulan penyakit metabolik yang memiliki karakteristik tingginya kadar glukosa darah akibat gangguan sekresi dan kerja insulin. Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor: genetik, imunologik, lingkungan, dan gaya hidup. Kurangnya aktifitas fisik, stress dan usia yang semakin tua mengakibatkan insulin yang dihasilkan akan berkurang karena fungsi pankreas menurun, maka olahraga dianjurkan untuk mengontrol kadar gula darah, salah satunya yaitu senam yoga. Yoga dibutuhkan untuk membakar kelebihan glukosa di dalam tubuh, olahraga yoga memacu badan untuk lebih efektif menggunakan karbohidrat. Rangkaian gerakan yoga untuk diabetes melitus meliputi pemanasan, latihan inti, istirahat dan doa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui senam yoga efektif terhadap penurunan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus tipe 2 di Poli Klinik Interna Rumah Sakit Tk II Udayana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental dengan Pre test and Post Test  control desaign. Sampel pada penelitian ini 20 orang penderita Diabetes Melitus tipe 2  di Poli Klinik Interna Rumah Sakit Tk II Udayana. Hasil pretest gula darah Kelompok 1 (Senam yoga) sebesar 165,40±35,93 dan posttest sebesar 141,45±32,41 mg/dl sedangkan hasil pretest gula darah Kelompok 2 (Kelompok Kontrol) sebesar 160,10±28,18 mg/dl dan posttest sebesar 169,75±28,56 mg/dl. Hasil analisis uji t – paired di peroleh nilai p = 0,000 (p<0,05) menunjukkan ada perbedaan pengaruh kadar glukosa darah yang signifikan pada Kelompok 1 (Senam yoga). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Senam Yoga  terhadap perubahan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus tipe 2  di Poliklinik Interna Rumah Sakit Tk II Udayana. Diharapkan bagi pelayanan kesehatan bahwa di samping obat anti diabetic dan pengaturan diet bagi penderita Diabetes Melitus juga perlu melakukan senam yoga untuk menurunkan kadar gula darah menjadi normal.


Kata Kunci: Senam Yoga, Gula darah, OAD dan DM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-01
How to Cite
SURATMITI, Ni Nyoman et al. PENAMBAHAN SENAM YOGA EFEKTIF TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG MEMAKAI OAD DI POLIKLINIK INTERNA RUMAH SAKIT TK II UDAYANA. Sport and Fitness Journal, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 107-114, oct. 2020. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/64680>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/spj.2020.v08.i03.p02.

Most read articles by the same author(s)