BAHASA DAN GENDER: PEMILIHAN LEKSIKON DALAM STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA DAYAK DAN JAWA DI PALANGKA RAYA DALAM PERSPEKTIF

  • Maria Arina Luardini Universitas Palangka Raya
  • Putu Sutama Universitas Udayana

Abstract

Penggunaan bahasa dalam tiap keluarga mempunyai strategi masing-masing. Namun, strategi komunikasi tersebut dapat mencerminkan budaya masing-masing keluarga. Artikel ini menguraikan bahasa yang digunakan dalam keluarga suku Dayak dan Jawa di Palangka Raya, Ibu Kota Kalimantan Tengah, yaitu strategi komunikasi dalam pemilihan kalimat, dan nilai-nilai sosiokultural gender yang menggambarkan budaya dalam perspektif antropologis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pemilihan leksikal antara keluarga Jawa, yang mengadopsi budaya patrilineal dan Dayak yang mengadopsi budaya bilineal/ bilateral/ ambilineal. Hal tersebut menyiratkan bahwa keluarga Dayak tidak mempunyai perbedaan pemilihan Bahasa dalam strategi komunikasi yang merefleksikan hubungan dengan posisi yang sama antara suami-istri, sedangkan pada keluarga Jawa, istri cenderung menggunakan Bahasa tingkat tinggi untuk berkomunikasi dengan pasangannya yang menunjukkan posisi yang tidak sama dalam keluarga dan mempengaruhi strategi komunikasi dalam keluarga.

Published
2024-01-29
How to Cite
LUARDINI, Maria Arina; SUTAMA, Putu. BAHASA DAN GENDER: PEMILIHAN LEKSIKON DALAM STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA DAYAK DAN JAWA DI PALANGKA RAYA DALAM PERSPEKTIF. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 332--341, jan. 2024. ISSN 3048-2003. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/snbi/article/view/SNBI.2023.104.p06>. Date accessed: 12 july 2024.