KAJIAN ETNOLINGUISTIK LEKSIKON BAHASA JAWA KUNO GENERASI Z DI ERA KEMAJUAN INDUSTRI 4.0

  • Ni Luh Putu Indah Wahyuni Magister Ilmu Linguistik FIB Unud

Abstract

Bahasa Jawa Kuna (BJK) tidak lagi menjadi bahasa komunikasi aktif di masyarakat, namun uniknya masih digemari penggunaannya sebagai media komunikasi oleh generasi z yaitu penggunaan BJK pada tema kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Persaudaraan Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Udayana (FPMHD Unud).


            BJK digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan khusus terhadap kondisi budaya sosial tertentu. Untuk melihat fenomena tersebut, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan secara Etnolinguistik. Bagaimana penggunaan BJK sebagai suatu bahasa secara kontekstual di kondisi budaya sosial organisasi kemahasiswaan Hindu yang anggotanya terdiri dari mahasiswa asal 13 fakultas di Universitas Udayana


            Tujuan penelitian ini untuk melihat motif penggunaan BJK oleh generasi Z di era kemajuan industri 4.0 serta mengklasifikasikan susunan leksem BJK yang digunakan dalam setiap Tema Kegiatan FPMHD Unud dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan teknik pencatatan atau dokumentasi dan kajian kepustakaan. Wujud data penelitian berupa kalimat yang diklasifikasikan susunan leksemnya yang diambil dari sosial media instagram FPMHD Unud. Hasil penelitian akan menunjukan penggunaan leksem BJK oleh generasi Z, motif penggunaan BJK di kalangan generasi Z, serta menunjukan keunikan BJK dalam penggunaannya di kondisi budaya heterogen generasi z di era kemajuan industri 4.0.


 

Published
2024-01-19
How to Cite
WAHYUNI, Ni Luh Putu Indah. KAJIAN ETNOLINGUISTIK LEKSIKON BAHASA JAWA KUNO GENERASI Z DI ERA KEMAJUAN INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 135--142, jan. 2024. ISSN 3048-2003. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/snbi/article/view/SNBI.2023.102.p06>. Date accessed: 12 july 2024.