IHWAL PRONOMINA RELATIF DALAM KALIMAT BAHASA SUNDA

  • Renny Anggraeny Progam Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Ihwal Pronomina relatif dalam kalimat bahasa Sunda”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sintaksis dari Chaer, pronomina relatif bahasa Sunda dari Coolsma, dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif


Tujuan penelitian ini, adalah para pemelajar bahasa diharapkan dapat menambah wawasannya terkait dengan pronomina relatif, tidak membuat kesalahan, serta dapat menambah pengetahuan terkait pronomina relatif dalam salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia yaitu bahasa Sunda yang memiliki persamaan dan perbedaan dengan bahasa Jepang, Indonesia dari segi bahasanya.


Hasil penelitian adalah jenis-jenis pronomina relatif dalam bahasa Sunda adalah: Frasa KB pilihan 1, Frasa KB pilihan 2, Frasa KB sejenis, Frasa KB penjelas, Frasa KB Milik1, 2 dan Frasa KB penentu. Serta dalam bahasa Sunda pronomina relatif termasuk ke dalam tipe predikat-objek sama dengan bahasa Indonesia, dan sebelum predikat dilekati oleh relator ‘nu/anu’ yang menjelaskan predikat tersebut.

Published
2024-01-18
How to Cite
ANGGRAENY, Renny. IHWAL PRONOMINA RELATIF DALAM KALIMAT BAHASA SUNDA. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 85--89, jan. 2024. ISSN 3048-2003. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/snbi/article/view/DOI%3A%20SNBI.2023.101.p10>. Date accessed: 13 july 2024.