SITUASI KEDWIBAHASAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA OLEH SISWA BILINGUAL DI SEKOLAH CHIS DENPASAR: ETNOGRAFI KOMUNIKASI

  • Ni Kadek Dwi Rahayu
  • Anak Agung Made Ariasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipologi kedwibahasaan yang dipraktikkan oleh Guru dan Siswa/i selama proses pembelajaran bahasa berlangsung di dalam kelas. Kemudian, menganalisis komponen etnografi komunikasi antara interaksi Guru dengan Siswa/i di kelas selama proses pembelajaran bahasa berlangsung. Metode observasi non-partisipatif dan wawancara mendalam digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknis pengumpulan data yaitu berupa teknik catat dan daftar periksa. Metode analisis interaktif oleh Miles and Huberman digunakan dalam penelitian ini serta metode informal sebagai metode penyajian data. Sumber data penelitian ini yakni Guru bahasa Inggris dan bahasa Bali dan siswa/i SMA kelas 10 jurusan IPA digunakan dalam penelitian ini. Purposive Sampling digunakan dalam penelitian ini dengan beberapa kriteria sampel tertentu. Penelitian ini menggunakan dua teori tentang kedwibahasaan oleh Weinrich dan etnografi komunikasi oleh Gumperz. Hasil penelitian ditemukan bahwa beberapa siswa menunjukkan tipologi kedwibahasaan mereka. Kemudian, sebagian besar ujaran Guru bertujuan untuk mengajak siswa/i menjadi interaktif di kelas daring karena ujaran Guru memenuhi semua komponen SPEAKING tersebut.

Published
2024-10-18
How to Cite
RAHAYU, Ni Kadek Dwi; ARIASIH, Anak Agung Made. SITUASI KEDWIBAHASAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA OLEH SISWA BILINGUAL DI SEKOLAH CHIS DENPASAR: ETNOGRAFI KOMUNIKASI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 351-367, oct. 2024. ISSN 3048-2003. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/snbi/article/view/119396>. Date accessed: 20 may 2025.