Penggunaan Virtual dan Augmented Reality Arsitektur Bali Aga untuk Dokumentasi dan Pembelajaran Daring Interaktif

Main Article Content

Antonius Karel Muktiwibowo Ni Ketut Agusintadewi

Abstract

Pemodelan virtual augmented reality Bangunan tradisional Bali Aga untuk dokumentasi dan pembelajaran daring interaktif sangat dibutuhkan saat ini. Dari perkembangan dan data arsitektur yang ada saat ini masih berupa gambar, foto dan dokumen-dokumen pendukung lain yang cukup banyak diperlukan hanya untuk menjelaskan satu obyek bangunan arsitektur. Hal ini sudah tidak relevan dan menarik lagi khususnya pada pengguna dan pembelajar muda yang lebih mementingkan kecepatan dan ke interaktifan pencarian, proses analisa dan visualisasi data, Penerapan dan aplikasi virtual augmented reality dalam pembelajaran daring sangat berhasil dan sudah diterapkan dipembelajaran di negara-negara maju dan sudah saatnya dimiliki di Universitas Udayana sekarang. Proses Penelitian dibagi menjadi beberapa tahap yaitu proses dokumentasi arsitektur, pemodelan virtual, transformasi ke web dan sistem android, penerapan aplikasi augmented reality pada pembelajaran daring dan evaluasi pengguna. Dari penelitian yang dilakukan, mahasiswa cenderung lebih menyukai penggunaan virtual dan augmented reality karena kebaruan media, keinteraktifan serta fitur yang menyerupai tampilan game online.

Article Details

How to Cite
KAREL MUKTIWIBOWO, Antonius; AGUSINTADEWI, Ni Ketut. Penggunaan Virtual dan Augmented Reality Arsitektur Bali Aga untuk Dokumentasi dan Pembelajaran Daring Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 007-1 - 007-7, dec. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/94923>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

References

1. Rukajat, A., Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. 2018: Deepublish.
2. Carolina, I., A. Supriyatna, and D. Puspitasari. Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap
Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19. in Prosiding Seminar Nasional Riset Information
Science (SENARIS). 2020.
3. Sunarni, T. and D. Budiarto, Persepsi efektivitas pengajaran bermedia virtual reality (VR). Semantik,
2014. 4(1).
4. Hasanah, A., et al., Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. 2020.
5. Satriawan, F.B.R., Pemanfaatan Kanal Youtube Virtual Reality. 2021, Universitas Pendidikan Indonesia.
6. Widagdo, B.W., M. Handayani, and A. Suharto, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perilaku Peserta
Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pengukuran Skala Likert. Jurnal ESIT (EBisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 2021. 15(2).
7. Retnawati, H., Perbandingan akurasi penggunaan skala likert dan pilihan ganda untuk mengukur selfregulated learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2015. 45(2)