Kajian Performa Traksi Sepeda Motor Roda Tiga untuk Melewati Kondisi Jalan Tanjakan

Main Article Content

I Gusti Agung Kade Suriadi I Ketut Adi Atmika

Abstract

Salah satu aspek penting dalam kinerja kendaraan performa traksi, yaitu kemampuan kendaraan untuk mengatasi berbagai hambatan. Hambatan tanjakan adalah menjadi perhatian dalam makalah ini, khususnya kendaraan sepeda motor roda tiga yang dipakai sebagai kendaraan angkutan barang. Belakangan ini sudah banyak dikenal dan berkembang sepeda motor roda tiga yang digunakan sebagai moda trasportasi barang, namun belum teruji kinerja traksinya dalam mengatasi kondisi jalan menanjak. Berkaitan hal tersebut dibutuhkan kajian dan analisa performa traksi kendaraan sepeda motor roda tiga untuk mengatasi kondisi jalan tanjakan. Uji Daya-Torsi Engine kendaraan model di Chasiss Dynamometer. Karakteristik Daya-Torsi ditrasformasikan dengan progresi geometri untuk mendapatkan kinerja traksi kendaraan pada berbagai kondisi jalan. Hasil penelitian didapatkan bahwa traksi kendaraan sepeda motor roda tiga tanpa muatan mampu melewati berbagai kondisi jalan, sedangkan kendaraan dengan beban 100 kg hanya mampu melewati jalan aspal basah, dan dengan beban 150 kg tidak mampu melewati berbagai kondisi jalan. Kemudian tanjakan maksimum yang mampu dicapai oleh kendaraan sepeda motor roda tiga untuk tanpa muatan sebesar 21 derajat , untuk kendaraan model dengan muatan 100 kg mencapai 16 derajat dan untuk kendaraan model dengan muatan 150 kg sebesar 14 derajat.

Article Details

How to Cite
SURIADI, I Gusti Agung Kade; ATMIKA, I Ketut Adi. Kajian Performa Traksi Sepeda Motor Roda Tiga untuk Melewati Kondisi Jalan Tanjakan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 002-1 - 002-5, dec. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/94264>. Date accessed: 19 nov. 2024.
Section
Articles

References

[1] W. E. Juwana and J. S. Budi, “Analisis Karakteristik Handling Kendaraan Roda Tiga Dengan Revolute Joint
Frame,” Mekanika, vol. 12, no. 2, 2014.
[2] A. Suraji and H. Sulistio, “Model Kecelakaan Sepeda Motor Pada Suatu Ruas Jalan,” J. Transp., vol. 10, no.
1, 2010.
[3] M. A. Siregar, “Analisis Kinerja Traksi dan Redesign Transmisi Armored Personnel Carrier Komodo 4X4.”
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.
[4] I. C. Adhi, A. S. Komaladewi, Ik. A. Atmika, and I. Suriadi, “Analisa Traksi Untuk Kendaraan Truk
Angkutan Barang Jalur Denpasar-Gilimanuk,” Din. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, 2012.
[5] R. F. Rahman, A. Wikarta, and I. N. Sutantra, “Perancangan dan Analisis Karakteristik Traksi pada Mobil
Pedesaan Serbaguna WAPRODES,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. E21–E26, 2018.
[6] A. Komaladewi, I. Suriadi, and I. Atmika, “Geometric Progression Application In Design Transmission
Gear Ratio,” in Applied Mechanics and Materials, 2015, vol. 776, pp. 343–348.
[7] I. Shmulevich and A. Osetinsky, “Traction performance of a pushed/pulled drive wheel,” J.
Terramechanics, vol. 40, no. 1, pp. 33–50, 2003.
[8] D. Savitski et al., “Improvement of traction performance and off-road mobility for a vehicle with four
individual electric motors: Driving over icy road,” J. Terramechanics, vol. 69, pp. 33–43, 2017.
[9] I. K. Adi Atmika, “Smart Chassis System Berbasis Proporsi Kontrol Traksi dan Pengereman,” 2015.
[10] I. N. Sutantra, “Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya,” Surabaya Guna Widya, 2001