ELEMEN PENYUSUN KEUNIKAN ARSITEKTURAL MARI BEACH CLUB SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KAWASAN PARIWISATA PANTAI BATU BELIG KABUPATEN BADUNG
Main Article Content
Abstract
Mari beach club adalah salah satu fasilitas pariwisata yang dibangun pasca pandemi Covid 19 dan segera menjadi daya tarik pariwisata favorit. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi elemen pembentuk keunikan arsitektur bangunan Mari beach club (MBC) sehingga mampu menjadi daya tarik pariwisata, menganalisisnya untuk mendapatkan elemen-elemen penting dalam menciptakan keunikan arsitektur beach club. Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Elemen arsitektural yang membentuk keunikan arsitektural yang dinilai yaitu: gaya bangunan, fasade bangunan, material bangunan, ruang terbuka, dan suasana sekitar. Teknik mengumpulkan data adalah dengan mengobservasi lapangan dan melakukan wawancara dengan 7 orang responden yang ditemui di lapangan dan bersedia diwawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi responden mengunjungi MBC adalah aktifitas hiburannya, kelengkapan fasilitasnya, dan keunikan bangunannya. Dari fasade bangunan yang paling menarik adalah atap bangunan, kemudian dinding bangunan berkait dengan ornamennya, dan pagar. Sedangkan pada bagian luar yang paling menarik adalah kolam renang. Hasil ini digunakan untuk menyusun kriteria dan konsep desain dalam perancangan beach club di Bali sebagai daya tarik wisata baru di Bali.
Article Details
References
Ching, Francis DK. 2007. Architecture. Form, Space, and Order. Third Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Amos rapoport. 1983. The meaning of the built environment. Beverly hills: sage publications.
Sumintardja, Djauhari. 1981. Kompendium Sejarah Arsitektur. Bandung Yayasan Lembaga Masalah Bangunan
Mangun Wijaya. 2013. Wastu citra: pengantar ke ilmu budaya bentuk arsitektur, sendi-sendi filsafatnya, beserta contoh-contoh praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Statman, D, dan A Sagi. 1994. Philosophy And Architecture. Diedit oleh Michael H. Mitias. Value Inqu. Amsterdam: Brill Rodopi.
Rowland, Ingrid D, , Howe, Thomas Noble . 1999. Vitruvius: Ten books on Architecture. Cambridge: Cambridge University Press
Krier, Rob.2001. Komposisi Arsitektur: Surabaya, Erlangga
Muchamad, B. N., & Ikaputra. 2010. Model Ekspresi Struktur. Seminar Nasional Metode Riset Dalam Arsitektur, 2, 39–46.
Salura. 2010. Arsitektur yang Membodohkan. Jakarta: CSS Publishing
Adeline Hartanto dan Adi Wardoyo
A. Agung Ngurah Merchandya Mertha Ni Nyoman Rsi Respati. 2022. PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Finns VIP Beach Club Canggu). E Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Udayana. Vol. 11, No. 3, 2022 : 569-589
Pine, Joseph, Gilmore, James. 1999. The Experience Economy
Said, Edward. 1978. Orientalism. New York: Pantheon Books
Braungart, Michael , McDonough, William. 2002. Cradle to Cradle: Remaking the Way We Make Things. New York: North Point Press