0 Konstruksi Wacana Pemberitaan di Media Sosial

Main Article Content

I GUSTI NGURAH PARTHAMA

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan konstruksi wacana pemberitaan di media sosial. Media sosial menjadi fenomena tersendiri saat ini. Keberadaannya memberikan beragam kemudahan bagi setiap orang untuk berinteraksi. Media sosial juga memungkinkan seseorang mengakses beragam informasi, melakukan kegiatan ekonomi, dan berkomunikasi. Selain itu, media sosial saat menjadi media paling efektif untuk menyebarluaskan informasi secara cepat, efektif, dan efisien. Karena berbagai kemudahan tersebut sejumlah media-media pemberitaan baik media cetak maupun media elektronik kini beralih ke media digital khususnya media sosial. Salah satu yang paling mudah diakses saat ini adalah informasi-informasi pemberitaan melalui laman media sosial facebook. Dengan akses 135 juta pengguna di Indonesia, media sosial facebook menjadi media sosial paling interaktif di Indonesia dengan beragam fitur akses yang memungkinkan para pengguna melakukan berbagai hal. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data berupa data tertulis yang diambil dari media pemberitaan Kompas yang diakses melalui laman media sosial facebook. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan teknik perekaman berupa tangkapan layar dan membaca rinci serta pemilahan data terpilih. Kesimpulan yang diperoleh konstruksi wacana pemberitaan di media sosial khususnya facebook dipengaruhi fitur-fitur linguistik. Sehingga fitur linguistik mengarahkan pada empat komponen praktik wacana digital yang diusulkan Jones (2015) seperti teks, konteks, interaksi dan aksi, serta ideologi dan kuasa. Keseluruhan komponen praktik wacana digital didukung oleh fitur linguistik seperti pilihan kata, bentukan frasa, serta kalimat-kalimat yang memberikan pemahaman terkait konstruksi wacana pemberitaan di media sosial facebook.

Article Details

How to Cite
PARTHAMA, I GUSTI NGURAH. 0 Konstruksi Wacana Pemberitaan di Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 55-59, dec. 2024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/118935>. Date accessed: 04 feb. 2025.
Section
Articles

References

[1] Apriani, V., Utamidewi, W., Nurkinan. (2021). Konstruksi Realitas Sosial dan Makna Diri Penyintas Covid-19 di Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Volume 20, No. 1, Juni 2021, 81-96. DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v20i1.1395
[2] Fairclough, N. (2013). Critical Discourse Analysis The Critical Study of Language. London: Routledge.
[3] Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis The Critical Study of Language. London: Longman.
[4] Jones, R.H., Chik A., Hafner, C.A. (2015). Discourse and Digital Practices Doing discourse analysis in the digital age. Routledge.
[5] Lindgren, S. (2017). Digital Media & Society. Sage Publication Ltd.
[6] Liu, B. (2015). Sentiment Analysis Mining Opinions, Sentiments, and Emotions. Cambridge University Press.
[7] Muttaqin, M.Z., & Sriyono (2021). Konstruksi Opini Publik melalui Media Sosial: Studi Pendekatan Analisis Wacana Kritis Grup Facebook Lintas Kejadian Kota Jayapura pada Bulan Juni 2021. POLITICOS: Jurnal Politik dan Pemerintahan, 1(2): 113-129. Doi: https://doi.org/10.22225/politicos.1.2.2021.113-129.
[8] Nur. M. (2020). Konstruksi reputasi dan responsivitas instansi pemerintah melalui media sosial pada situasi pandemi covid-19 di Indonesia (analisis wacana pada laman facebook Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 5(3), 217-234.
[9] Nurdin, A. & Labib, M. (2021). Komunikasi Sosial Generasi Milenial di Era Industri 4.0 pada Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5 Nomor 2. DOI: 10.15575/cjik.14912 ISSN 2549-8452
[10] Page, R., Barton, D., Unger, J.W., Zappavigna, M. (2014). Researching Language and Social Media. Routledge.
[11] Sari, M.P., Utami, Y.P., Marsono, J. (2023). Konstruksi Wacana Media Sosial Terhadap Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). CAKRAWALA: Repositori IMWI, Volume 6, Nomor 4, Juli 2023, 622-642.
[12] Suprayitno, D. (2020). Konstruksi Wacana Citra Kepemimpinan Joko Widodo Dalam Penanganan Covid-19 Pada Infografis CNBC Indonesia. ACTA DIURNA, Vol. 16 No. 2, 28-49.
[13] Syarief, F. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembentukan Opini Publik (Analisa Wacana Twitter SBY). Jurnal Komunikasi, Volume VIII Nomor 3, September 2017, 262-266.
[14] Zuhri, A. (2020). Instagram, Pandemi dan Peran Influencer (Analisis Wacana Kritis pada Postingan Akun Instagram @najwashihab dan @jrxsid). Academic Journal of Da’wa and Communication, Vol. 1, No. 2, Desember 2020, 351-382.