KESALAHAN MAHASISWA MENGGUNAKAN HURUF KANJI HOMOFON PADA MATA KULIAH CHUUKYUU HYOUKI PRODI SASTRA JEPANG FIB UNUD
Main Article Content
Abstract
Tulisan ilmiah ini dibuat untuk menganalisa kesalahan yang terjadi pada mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah chuukyuu hyouki yang diajarkan pada mahasiswa semester 3 angkatan 2021 di prodi sastra Jepang FIB Unud. Adapun masalah yang dibahas adalah: bagaimanakah kesalahan mahasiswa pada matakuliah chuukyuu hyouki dalam menggunakan huruf kanji homofon. Tulisan ilmiah ini dinarasikan secara deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini dirasa penting dan bermanfaat karena ini merupakan hasil dari evaluasi terhadap jawaban mahasiswa dalam menjawab soal-soal latihan yang dimuat dalam “Intermediate Kanji Book Vol 1”, soal-soal latihan harian, dan soal-soal dalam ujian. Lain daripada itu, tulisan ilmiah ini juga ditulis dengan pertimbangan bahwa mahasiswa semester 3 telah diajarkan materi yang terdapat dalam matakuliah chukyuu hyouki.
Article Details
References
[2] Allan, Keith. 2001. Natural Language Semantics. Blackwell
[3]Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[4]Chusna, Fadhilal. 2014. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menulis dan Membaca Kanji: Fakultas Sastra UNIKOM.
[5]Goddard, Cliff. 1997. Semantic Analysis: A Practical Introduction. Australia: The University Of New England
[6]Hastuti, Sri. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Mitra Gama.
[7]Mahsun, 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa
[8]Markhamah, Atiqa Sabardila. 2009. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa.
Surakarta: Muhammadiyah University Press
[9]Puspitosari, Dwi. 2011. “Analisis Penggunaan Verba Toru sebagai Doukun’iji dalam Bahasa Jepang” : Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni UNS.
[10]Sarjanto, Djatok. 2001. “Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Depan dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas II SMU Negeri Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar” Tesis: Program Studi Linguistik Program Pasca Sarjana UNS.
[11]Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta:
Yuma Pustaka.
[12]Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian
Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yoyakarta: Universitas Gajah Mada.
[13]Sudjianto dan Dahidi, A. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang.
Jakarta: Kesaint Blanc.
[14]Verhaar, J.W.M. 2001. Asas-Asas Linguistik Umum. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Gajahmada University Press.