Pengujian pada Prototipe Online Self-Diagnose Hepatitis (SITI) Menggunakan Metode Black Box Testing

Main Article Content

I Putu Agus Eka Pratama Indah Mei Rahajeng I Putu Winada Gautama

Abstract

Dengan makin meningkatnya jumlah penderita hepatitis di Indonesia, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah penyediaan layanan diagnosa dan deteksi awal kepada masyarakat. Kemajuan Teknologi Informasi (TI) memungkinkan masyarakat untuk melakukan diagnosa dan deteksi awal hepatitis secara online. Untuk itu, pada penelitian ini dikembangkan prototipe software SITI: online Self-Diagnose Hepatitis berbasis web. SITI dikembangkan dengan menggunakan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan sistem pakar (expert system) berbasis data-data inputan gejala hepatitis dari pengguna. SITI menyediakan hak akses berbeda untuk ketiga jenis pengguna, yaitu: administrator, pakar dan tenaga kesehatan, serta pasien (pengunjung web dan masyarakt umum yang menggunakan SITI untuk self-diagnose). Pasca pengembangan, prototipe software SITI diujikan di sisi pengguna dengan menggunakan metode Black Box. Paper ini fokus kepada pengujian Black Box yang dilakukan oleh tim pengembang dengan membuat skenario pengujian terhadap sejumlah menu dan hak akses dari ketiga jenis pengguna pada SITI. Hasil pengujian Black Box menunjukkan semua fungsi, fitur, dan menu pada prototipe SITI telah berjalan dengan baik.

Article Details

How to Cite
PRATAMA, I Putu Agus Eka; RAHAJENG, Indah Mei; GAUTAMA, I Putu Winada. Pengujian pada Prototipe Online Self-Diagnose Hepatitis (SITI) Menggunakan Metode Black Box Testing. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 111-115, dec. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/107485>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

References

[1] World Health Organization (WHO), “KTT Hepatitis Dunia 2022 Mendesak Tindakan untuk Menghilangkan Virus Hepatitis karena Kasus Hepatitis yang Tidak Dapat Dijelaskan pada Anak-Anak Meningkat Secara Global,” 2022. Diakses: https://www.who.int/news/item/07-06-2022-world-hepatitis-summit-2022-urges-action-to-eliminate-viral-hepatitis-as-unexplained-hepatitis-cases-in-children-rise-globally
[2] A. Trianasari, Nanang, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Jurnal Esensi Infokom, Vol.2 No.1, 2018.
[3] A. Ashari, A.Y. Muniar, “Penerapan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pencernaan Dengan Pengobatan Bahan Alami,” Prosiding SEMNASTEK, 2016.
[4] M. Muafi, A. Wijaya, V.A. Aziz, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining,” Core-IT: Jurnal Komputasi dan Teknologi Informasi, Vol.1, No.1, 2020, pp.43-49.
[5] AM.I.R. Ihsan, L. Agustine, R. Dahlia, A. Fachrurozi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Gigi Berbasis Web dengan Penalaran Forward Chaining,” Jurnal Elektronika dan Komputer, Vol.15, No.2, 2022.
[6] E. Rahmawati, H. Wibawanto, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining,” Jurnal Teknik Elektro, Vol.8, No.2, 2016.
[7] F.A. Nugroho, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung dengan Metode Forward Chaining,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol.3, No.2, 2018.
[8] Y. Wijayana, “Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer dengan Metode Backward Chaining Berbasis Web,” Media Elektrika, Vol.12, No.2, 2019.
[9] D. Darsin, D.A. Kurniawan, M.F. Sesunan, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus RSUD Menggala),” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, Vol.4, No.2, 2022.
[10] L.A. Hafiz, E. Ernawati, D. Andreswari, "Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Tulang Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining," Rekursif: Jurnal Informatika, Vol.6, No.1, 2018.
[11] N. Jarti, R. Trisno, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Alergi pada Anak Berbasis Web dengan Metode Forward Chaining di Kota Batam,” Jurnal Edik Informatika Vol.3, No.2, 2017.
[12] E.F. Wati, M.H. Siregar, N.I. Kurniawati “EXPERT SYSTEM DIAGNOSA PENYAKIT PARU PADA ANAK DENGAN METODE FORWARD CHAINING,” Journal of Informatoon System, Informatics, and Computing (JISICOM), Vol.2, No.2, 2018.
[13] Y.D. Wijaya, M.W. Astuti, “Pengujian Black Box Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT INKA (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, Vol.4, No.1, 2021.