Sistem Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Support Vector Machines dan Algoritma Evolusi Fuzzy

  • Ida Bagus Putra Manuaba Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Abstract—Penjadwalan produksi merupakan salah satu bentukpengaturan waktu pada sebuah proses penjadwalan. Prosespenjadwalan yang baik dapat menghasilkan keuntungan danoptimasi waktu pada proses produksi. Penelitian ini difokuskanpada penyelesaian permasalahan penjadwalan job shop padaruang lingkup sistem make to order. Permasalahan dari sistempenjadwalan job shop dengan domain make to order, adalahsangat tidak sensitif terhadap perubahan-perubahan yangterjadi pada jadwal yang telah berjalan pada proses produksi.Proses penyusunan jadwal menerapkan sistem penjadwalanmaju dan sistem penjadwalan mundur, serta mengintegrasikandengan konsep penjadwalan the rolling time window.Perancangansistem penjadwalan produksi menggunakan metode fuzzy SVMssebagai metode klasifikasi dan algoritma fuzzy evolusi sebagaialgoritma pada proses penentuan jarak pada proses penyusunanjadwal. Fuzzy SVMs merupakan metode yang telah teruji mampumenyelesaikan permasalahan klasifikasi pada permasalahan nonlinier. Sedangkan pada proses routing penjadwalan,dimanfaatkan metode fuzzy evolusi sebagai metode penyelesaianpermasalahan penyusunan jadwal produksi.

Kata kunci—penjadwalan produksi, penjadwalan job shop, therolling time window, fuzzy support vector machines, evolusi fuzzy

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MANUABA, Ida Bagus Putra. Sistem Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Support Vector Machines dan Algoritma Evolusi Fuzzy. PROSIDING CSGTEIS 2013, [S.l.], june 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/prosidingcsgteis2013/article/view/7229>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
D. Sofware Engineering and Information Systems