Perancangan Sistem Telemetri Untuk Pengukuran Level Air Berbasis Ultrasonic

  • Taufiqurrahman . Hazard & Disaster Research Center Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Achmad Basuki Hazard & Disaster Research Center Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Yafie Albana Hazard & Disaster Research Center Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak — Makalah ini membahas tentang metode eksperimental yang dilakukan dalam peringatan dini dengan membuat piranti yang mampu membaca data pengukuran secara real-time serta mengurangi noise dari setiap pengukuran. Hasil pembacaan data dari piranti ini diolah menjadi sebuah konsep data terintegrasi untuk peringatan dini luapan banjir. Penelitian ini diawali dengan pembuatan alat untuk mendeteksi ketinggian permukaan air sebagai data akuisisi.
Penelitian ini menggunakan sensor ultrasonic yang jarak pembacaannya bisa dikompensasikan dengan suhu lingkungan. Setiap hasil pengukuran nantinya akan dikirim melalui komunikasi tanpa kabel (wireless) dengan konsep jaringan sensor terpadu. Sensor-sensor tersebut akan bertindak sebagai node yang selanjutnya akan mengirim data secara wireless menggunakan perangkat xbee pro kepada node koordinator. Kemudian node koordinator mengirimkan data ke komputer melalui komunikasi serial RS232 untuk dilakukan pemantauan terhadap perubahan ketinggian permukaan air sebagai salah satu indikator penyebab banjir.
Dari pengujian beberapa sensor ultrasonic PING))), SRF04 dan MaxSonar didapatkan beberapa data dengan tingkat kepercayaan yang relatif merata terhadap pembacaan level air yang diam. MaxSonar memiliki kelayakan dalam penggunaan sensor level sebesar 90% dengan tipe pembacaan data berbasis digital.

Kata kunci— ultrasonic; ketinggian air, akuisisi data.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
., Taufiqurrahman; BASUKI, Achmad; ALBANA, Yafie. Perancangan Sistem Telemetri Untuk Pengukuran Level Air Berbasis Ultrasonic. PROSIDING CSGTEIS 2013, [S.l.], june 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/prosidingcsgteis2013/article/view/7218>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
C. Electronics, Circuits and Systems