PENGARUH HARGA, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI MOBILE APPLICATION GARUDA INDONESIA

  • Nur Annisa Fitri Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • IGPB. Sasrawan Mananda Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I Putu Agus Wikanatha Sagita Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract

The aim of this research is to find out if ratings and reviews were influenced by price, ease to use, and trusted in their purchasing decisions by domestic tourists through Garuda Indonesia mobile application user in DKI Jakarta. The selection of the sample using the method of purposive sampling total of 100 respondents. Data collection techniques used observation, interviews, questionnaires,, and literature. The data analysis technique in this study is descriptive analysis, validity and reliability test, classic assumption test, hypothesis test, multiple linear analysis, correlation analysis, and coefficient of determination analysis using SPSS version 21.0 for windows. The result of this study indicate the effect of price, easy to use, and trust the decision to purchase airplane tickets by domestic tourists through Garuda Indonesia's mobile application in DKI Jakarta is very significantly simultaneous and partial effect with a value of 60,6%. For price the result of value tcount is 2.757, easy to use 3.533, and trust 3.958. The data collected through online questionnaires to the respondents who had purchased airline tickets for Garuda Indonesia mobile application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani. 2009. Pengguna Internet Indonesia tumbuh 1000 persen. Kompas Cyber Space. Diakses dari http://www.kompas.com pada tanggal 20 Juli 2018, 13:30 WITA.
Buchari, A, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV Alvabeta.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
______. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 8 . Badan penerbit UNDIP.
Herlina, O. 2013. Komunikasi Pemasaran Pariwisata DIY melalui Pemanfaatan E-Tourism oleh Swasta dan Pemerintah (Studi Komparatif www.visitingjogja.com dan www.Yogyes.com). Tesis. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Hidayat, I., Arifin, R., dan Priyono, A. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga, Dan Kulitas Informasi Pengguna ¬E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Bukalapak.com (Studi Pada Mahasiswa S1 Fak. Ekonomi Unisma Angkatan 2013). Universitas Islam Malang.
Hyde, K.F. 2008. Information Processing and Touring Planning Theory. Annals of Tourism Research. Vol.35, Issue 3, p: 712-713.
Kotler, Philip dan Kevin Lane, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Mahkota, A.P., Suyadi, I., dan Riyadi. 2014. Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 8, No. 2, h. 1-7.

Nazarudin, H., dan Pela, Y. 2016. Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs D’BC Network Orifline (Studi Pada Masyarakat Fatufeto Kota Kupang). Jurnal Bisnis & Manajemen. Vol. 2 No. 2, h. 112-134.
Negara, I. M. K., & Sagita, P. A. W. (2018). Kapabilitas Praktis Domain Perjalanan Wisata Bali: Aplikasi Perjalanan Wisata Berbasis Ponsel Cerdas. Jurnal IPTA, 6(1), 77-83.
Rosmayana, W. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online
(Studi Pada Pengguna Situs Lazada Di Kota Padang). Tugas Akhir. Politeknik Negeri Padang: Padang.
Saputri, A.F.B.A. 2015. Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Dan Risiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com (Studi Pada Pengguna Situs Belanja Online Tokopedia.Com). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: D.I Yogyakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 1989. Statistik: Teori dan Aplikasi. Edisi Kelima.Jld. 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Weenas, J. R. (2013). “Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 1, No. 4, h: 607.
Published
2020-07-16
How to Cite
ANNISA FITRI, Nur; SASRAWAN MANANDA, IGPB.; AGUS WIKANATHA SAGITA, I Putu. PENGARUH HARGA, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI MOBILE APPLICATION GARUDA INDONESIA. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 131-142, july 2020. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/53946>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2020.v08.i01.p16.