FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PAKET WISATA KINTAMANI-MONKEY FOREST TOUR OLEH WISATAWAN MANCANEGARA (STUDI KASUS BIRO PERJALANAN WISATA DESTINATION ASIA)

  • Gede Eka Sucita Darma
  • I GPB Sasrawan Mananda
  • Ni Putu Eka Mahadewi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis faktor yang mempengaruhi pemilihan paket Kintamani – Monkey Forest Tour oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan paket Kintamani – Monkey Forest Tour oleh wisatawan mancanegara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan 210 kuesioner kepada wisatawan yang menggunakan paket wisata Kintamani – Monkey Forest Tour, dan wawancara terstruktur dengan Operational Manager dan The Chief of Destination Asia Guide Assotiation. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan ada lima faktor yang paling mempengaruhi pemilihan paket wisata Kintamani – Monkey forest Tour oleh wisatawan mancanegara yang menggunakan jasa Biro Perjalanan Wisata Destination Asia. Lima faktor tersebut yaitu harga, icon paket wisata, transportasi, tampilan brosur, penampilan pramuwisata. Berdasakan hasil penelitian tersebut, maka dapat disarankan bagi Destination Asia dengan memperhatikan faktor – faktor yang terbentuk tersebut hendaknya bisa menjadikan hasil penelitian ini sebagai sebuah acuan dan pertimbangan dalam hal baik perbaikan sebuah paket wisata yang telah ada maupun untuk membuat sebuah paket wisata yang baru. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi akademisi untuk melakukan penelitian lanjutan dan peneltian-penelitian lainnya yang relevan dengan penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
EKA SUCITA DARMA, Gede; SASRAWAN MANANDA, I GPB; EKA MAHADEWI, Ni Putu. FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PAKET WISATA KINTAMANI-MONKEY FOREST TOUR OLEH WISATAWAN MANCANEGARA (STUDI KASUS BIRO PERJALANAN WISATA DESTINATION ASIA). Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 34-38, july 2015. ISSN 2548-7930. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/26943>. Date accessed: 12 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/IPTA.2015.v03.i01.p07.

Keywords

Analisis Faktor, Paket Wisata, Wisatawan, Biro Perjalanan Wisata