Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.


  1. Media Ilmiah Teknologi Pangan memuat naskah ilmiah dalam bidang ilmu dan teknologi pangan. Naskah dapat berupa: hasil penelitian atau artikel ulasan ilmiah (review). Naskah harus asli dan belum pernah dipublikasikan, serta ditulis dengan bahasa Indonesia yang baku atau bahasa Inggris.

  2. Naskah ditulis pada kertas ukuran A4, spasi tunggal, menggunakan program pengolah kata word for windows dengan huruf times new roman ukuran huruf 12.

  3. Format penulisan naskah disusun menurut urutan sebagai berikut: Judul, Identitas penulis, Abstrak, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan saran, Ucapan terimakasih, dan Daftar pustaka. Naskah keseluruhan tidak lebih dari 10 halaman. Untuk memudahkan pengetikan, bisa menggunakan tamplate yang telah disediakan.

    Klik Disini


    1. Judul

    2. Singkat dan jelas, ditulis dengan huruf kapital.


    3. Identitas Penulis:

    4. Nama ditulis lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Bila penulis lebih dari seorang, dengan alamat instansi berbeda, maka di belakang setiap nama diberi indeks atas angka arab. Alamat penulis ditulis di bawah nama penulis, mencakup laboratorium, lembaga, dan alamat lengkap dengan nomor telpon/faksimili dan e-mail.


    5. Abstrak:

    6. Ditulis dalam bahasa Inggris, bila naskah berbahasa Indonesia, begitupula sebaliknya, menggunakan huruf miring (italic). Abstrak dilengkapi 3 – 5 kata kunci (key words) yang diurut berdasarkan kepentingannya. Abstrak memuat ringkasan naskah, dengan panjang maksimum 250 kata.


    7. Pendahuluan:

    8. Memuat latar belakang, sitasi kepustakaan yang mutakhir dan relevan, serta tujuan penelitian. Bagian ini hendaknya memberikan latar belakang agar pembaca dapat memahami dan menilai hasil penelitian tanpa membaca laporan-laporan sebelumnya yang berkaitan dengan topik. Pendahuluan hendaknya tersusun dari 2-3 paragraf.


    9. Bahan dan Metode:

    10. Hendaknya diuraikan secara rinci dan jelas mengenai bahan yang digunakan dan cara kerja yang dilaksanakan, termasuk metode statistika. Cara kerja yang disampaikan hendaknya memuat informasi yang memadai sehingga memungkinkan penelitian tersebut dapat diulang dengan berhasil.


    11. Hasil dan Pembahasan:

    12. Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tertulis di dalam naskah, tabel, atau gambar. Kurangi penggunaan grafik jika hal tersebut dapat dijelaskan dalam naskah. Batasi pemakaian foto, sajikan foto yang jelas menggambarkan hasil yang diperolah. Gambar dan tabel harus diberi nomor dan dikutip dalam naskah. Pembahasan yang disajikan hendaknya memuat tafsir atas hasil yang diperoleh dan bahasan yang berkaitan dengan laporan-laporan sebelumnya. Hindari mengulang pernyataan yang telah disampaikan pada pendahuluan maupun metode.


    13. Kesimpulan :

    14. simpulkan hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian.


    15. Ucapan terima kasih:

    16. Dapat disajikan bila dipandang perlu. Ditujukan kepada yang mendanai penelitian dan untuk memberikan penghargaan kepada lembaga mau pun perseorangan yang telah membantu penelitian atau proses penulisan ilmiah.


    17. Daftar Pustaka:

    18. Disusun secara alfabetis menurut nama dan tahun terbit. Singkatan majalah/jurnal berdasarkan tata cara yang dipakai oleh masing-masing jurnal. Proporsi daftar pustaka sedikitnya 60% jurnal/majalah ilmiah dan sebanyaknya 40% text book. Format penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:




Jurnal/Majalah :


Collins, S.J., B.H. Bester, and A.E.J. McGill. 1993. Influence of psychotropic bacterial growth in raw milk on the sensory acceptance of UHT skim milk. J. Food Protec. 56 (5): 418-425.


Buku


Jay, J.M. 2000. Modern Food Microbiology. Aspen Publ. Inc., Gaithersburg, Maryland.


Bab dalam buku


Whistler, R.L. dan J.R. Daniel. 1985. Carbohydrate. Dalam: Fennema, O.R. (ed.). Food Chemistryh. Marcel Dekker Inc., New York. hlm 70 - 125.


Artikel Internet


Cruz, R.T.D. 2002. A second look at jackfruit. http://www.bar.gov.ph/barchronicle/2002/ mar02_16-31_asecond.asp. [10 Nopember 2009]


Prosiding konferensi


Hamzah, N. dan Hasbullah. 1997. Evaluasi Mutu gula semut yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan pengawet alami, h. 175-180. Dalam. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pangan, Surabaya.


Tesis/disertasi


Putra, IN.K. 2007. Studi Daya Antimikroba Ekstrak Beberapa Bahan Tumbuhan Pengawet Nira terhadap Mikroba Perusak Nira serta Kandungan Senyawa Aktifnya. [Disertasi tidak dipublikasikan]. Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.