ANALISIS DATA KUISIONER KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEMBELAJARAN BEBANTENAN

  • LUH ARIDA AYU R.P. Udayana University
  • I GEDE SANTI ASTAWA Udayana University

Abstract

Kepuasan pengguna sebuah aplikasi dapat diartikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan, dibandingkan dengan harapannya. Terdapat dua cara dalam membangun aplikasi pembelajaran bebantenan, yaitu pembelajaran dengan menggunakan konsep peta pikiran, dan pembelajaran tanpa menggunakan konsep peta pikiran. Dalam penelitian ini metode kuisioner dipergunakan untuk mendapatkan data kepuasan pengguna terhadal kedua aplikasi pembelajaran bebantenan yang telah dibangun. Terdapat tiga faktor untuk mengukur kepuasan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu faktor kinerja internal dari aplikasi, faktor dukungan perangkat eksternal yang dibutuhkan aplikasi, dan faktor tampilan umum saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi. Selanjutnya ketiga faktor tersebut dijabarkan ke dalam sepuluh pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan pengguna. Dari empat puluh pengguna aplikasi yang digunakan sebagai responden penelitian didapatkan data bahwa aplikasi pembelajaran menggunakan peta pikiran mempunyaipersentase  tingkatkepuasan lebih tinggi  dibandingkan dengan sistem yang tidak menggunakan metode peta pikiran dalam pemberian materinya.namun secara keseluruhan aplikasi memiliki tingkat kepuasan pengguna yang kuat yaitu sebesar 80,3%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

LUH ARIDA AYU R.P., Udayana University

Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas MIPA – Universitas Udayana

I GEDE SANTI ASTAWA, Udayana University

Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas MIPA – Universitas Udayana

Published
2018-09-02
How to Cite
AYU R.P., LUH ARIDA; ASTAWA, I GEDE SANTI. ANALISIS DATA KUISIONER KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEMBELAJARAN BEBANTENAN. E-Jurnal Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 286-290, sep. 2018. ISSN 2303-1751. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mtk/article/view/41909>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MTK.2018.v07.i03.p216.
Section
Articles