ANALISIS DATA KUISIONER KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEMBELAJARAN BEBANTENAN
Abstract
Kepuasan pengguna sebuah aplikasi dapat diartikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan, dibandingkan dengan harapannya. Terdapat dua cara dalam membangun aplikasi pembelajaran bebantenan, yaitu pembelajaran dengan menggunakan konsep peta pikiran, dan pembelajaran tanpa menggunakan konsep peta pikiran. Dalam penelitian ini metode kuisioner dipergunakan untuk mendapatkan data kepuasan pengguna terhadal kedua aplikasi pembelajaran bebantenan yang telah dibangun. Terdapat tiga faktor untuk mengukur kepuasan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu faktor kinerja internal dari aplikasi, faktor dukungan perangkat eksternal yang dibutuhkan aplikasi, dan faktor tampilan umum saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi. Selanjutnya ketiga faktor tersebut dijabarkan ke dalam sepuluh pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan pengguna. Dari empat puluh pengguna aplikasi yang digunakan sebagai responden penelitian didapatkan data bahwa aplikasi pembelajaran menggunakan peta pikiran mempunyaipersentase tingkatkepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan sistem yang tidak menggunakan metode peta pikiran dalam pemberian materinya.namun secara keseluruhan aplikasi memiliki tingkat kepuasan pengguna yang kuat yaitu sebesar 80,3%
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.