Rancang Bangun Praktikum Instrumentasi Industri Menggunakan Augmented Reality
Abstrak
Teknologi Augmented Reality yang diterapkan dalam dunia Pendidikan dapat menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih efektif serta lebih efisien. Penelitian ini membangun sebuah aplikasi augmented reality dengan melakukan penerapan metode marker based tracking yang kemudian diterapkan pada mata kuliah praktikum instrumentasi industri di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan praktikum menjadi lebih efektif dan efisien. Aplikasi yang dihasilkan selanjutnya diuji menggunakan 2 pengujian yaitu pengujian usabilitas menggunakan metode Usability dengan skala Likert dan pengujian komparasi dengan penerapan metode Paired Sample T-test. Pengujian Usability bertujuan untuk mengetahui penilaian mengenai tingkat kegunaan dari aplikasi. Pada pengujian ini mendapatkan nilai usabilitas sebesar 73,5 dari skala 0-100. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa aplikasi ini memiliki memiliki nilai usabilitas yang baik. Pengujian komparasi menggunakan metode Paired Sample T-test bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana perbandingan dari pemahaman setiap responden sebelum dan setelah adanya aplikasi augmented reality mata kuliah instrumentasi industri. Pada pengujian ini didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang masih di bawah ambang batas dari syarat Paired Sample T-test yaitu 0,05. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya perbedaan yang nyata diantara hasil sebelum dan setelah responden menggunakan aplikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara fungsionalitas penggunaan aplikasi ini dapat dipertimbangkan untuk menggantikan kegiatan kunjungan mata kuliah praktikum instrumentasi industri agar pelaksanaan praktikum menjadi lebih efektif dan efisien.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
[2] P. A. T. R. Karda, I. M. A. Suyadnya, and D. C. Khrisne, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Model Tatanan Rambut Pada Barbershop Berbasis Android,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 1, no. 1, pp. 16–24, 2018, doi: 10.31598/sintechjournal.v1i1.226.
[3] L. Kamelia, “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar,” Noviembre 2018, vol. IX, no. 1, p. 1, 2019, [Online]. Available: https://www.gob.mx/semar/que-hacemos.
[4] A. Harahap, A. Sucipto, and J. Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur …, no. 1, pp. 20–25, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/teknologiinformasi/article/view/266.
[5] A. Mahpudin and E. F. W. Puadi, “Rancang Bangun Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Fisika,” pp. 550–560, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4255.
[6] D. S. Utomo, I. Arwani, and W. S. Wardhono, “Implementasi Mobile Augmented Reality Pada Aplikasi Pemilihan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Sekolah Menengah Atas,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 3, pp. 224–235, 2017.
[7] I. F. Noor, H. Tolle, and W. S. Wardhono, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 4, pp. 1675–1682, 2018.
[8] S. P. Bowers, “Predicting success in early childhood teacher education programs,” J. Early Child. Teach. Educ., vol. 19, no. 3, pp. 227–233, 2018, doi: 10.1080/0163638980190306.
[9] M. Muntahanah, R. Toyib, and M. Ansyori, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra),” Pseudocode, vol. 4, no. 1, pp. 81–89, 2017, doi: 10.33369/pseudocode.4.1.81-89.
[10] I. G. N. A. Pradhana, I. A. . Giriantari, and M. Sudarma, “Analisis dan Perancangan Sistem Pengelola Data Menuju Implementasi Data Warehouse Untuk Mendukung Administrasi E-Procurement,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 17, no. 2, p. 245, 2018, doi: 10.24843/mite.2018.v17i02.p12.
[11] R. L. Rahardian, L. Linawati, and M. Sudarma, “Implementasi Layanan Cloud Computing Software As a Service Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 17, no. 3, p. 365, 2018, doi: 10.24843/mite.2018.v17i03.p10.
[12] S. L. Rahayu, Kusrini, and H. Al Fatta, “Rancang Bangun Augmented Reality Pada Data Menu Restoran,” Eksplora Inform., vol. 6, no. 1, pp. 22–32, 2016, [Online]. Available: https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/101/84.
[13] F. A. Pratama, R. Magdalena, and S. Ratanadewi, “Pengujian Usability Pada Sistem Informasi Inventori dan Pemesanan PT Dirgaraya Harsa,” no. 1, pp. 45–52, 2019.
[14] R. Adha, “Evaluasi Usability Sistem Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia ( BRI Institute ) Online Usability Evaluation System Exam Admission of New Technology Institute Students and Bank Rakyat Indonesia Busines,” BRITech (JurnalIlmiah Ilmu Komputer, Sains Teknol. Ter., vol. 1, no. 1, pp. 48–56, 2019.
[15] D. Setiawan and S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, p. 71, 2020, doi: 10.21580/wjit.2020.2.1.5792.
[16] F. Saputra, “Perancangan Media Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Sistem Berbasis Android,” 2017.
[17] S. Zein, L. Yasyifa, R. Ghozi, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019.
[18] A. A. Anggraini, T. Informatika, P. C. Riau, T. Informatika, and P. C. Riau, “Aplikasi Pembelajaran Iqra Berbasis Android Menggunakan Speech Recognition,” vol. 10, no. 2, pp. 84–89, 2020.
[19] Istiqamah, “Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Kooperatif Tipe Stad,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
[20] C. Montolalu and Y. Langi, “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test),” d’CARTESIAN, vol. 7, no. 1, p. 44, 2018, doi: 10.35799/dc.7.1.2018.20113.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License