UTILISASI NITROGEN DAN KOMPOSISI TUBUH KAMBING PERANAKAN ETAWAH YANG DIBERI PAKAN HIJAUAN RUMPUT LAPANGAN DENGAN SUPLEMENTASI DEDAK PADI

  • N. W. SITI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • N. M. WITARIADI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • N. K. MARDEWI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • N. N. CANDRASIH K. FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • I M. MUDITA FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • N. G. K. RONI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • I G. L. O. CAKRA FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI
  • N. M. SUCI SUKMAWATI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR, BALI

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui utilisasi nitrogen dan komposisi tubuh kambing peranakan etawah yang diberi pakan hijauan rumput lapangan dengan suplementasi dedak padi, telah dilaksanakan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Keempat perlakuan tersebut adalah Rumput lapangan ad libitum sebagai perlakuan (A); perlakuan B= perlakuan A + 75 g dedak padi; perlakuan C = perlakuan A + 150 g dedak padi dan perlakuan D= perlakuan A + 225 g dedak padi. Pemberian rumput lapangan 2 kali sehari yaitu pagi pukul 7.00 Wita dan sore pukul 16.00 Wita, sedangkan dedak padi diberikan sekali pada pukul 7.00 Wita. Air minum yang diberikan berasal dari PDAM secara ad libitum. Variabel yang diamati adalah komposisi tubuh, konsentrasi urea darah, konsumsi nitrogen, retensi nitrogen dan utilisasi nitrogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dedak padi dari 75-225 g/ekor/hari pada kambing PE yang diberi pakan hijauan rumput lapangan secara nyata (P<0,05) dapat meningkatkan konsumsi nitrogen, retensi nitrogen, utilisasi nitrogen dan tidak nyata (P>0,05) menurunkan urea darah. Namun suplementasi dedak padi 75 g/e/h belum berpengaruh terhadap air tubuh dan lemak tubuh, tetapi suplementasi dedak padi pada level 150-225 g/e/h dapat menurunkan air tubuh dan meningkatkan lemak tubuh. Suplementasi dedak padi dari 75-225 g/ekor/hari belum berpengaruh nyata terhadap penurunan protein tubuh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa suplementasi dedak padi dari 75-225 g/ekor/hari dapat meningkatkan utilisasi nitrogen pada kambing peranakan etawah yang diberi pakan hijauan rumput lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SITI, N. W. et al. UTILISASI NITROGEN DAN KOMPOSISI TUBUH KAMBING PERANAKAN ETAWAH YANG DIBERI PAKAN HIJAUAN RUMPUT LAPANGAN DENGAN SUPLEMENTASI DEDAK PADI. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], june 2014. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/9212>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2013.v16.i01.p04.
Section
Articles

Keywords

dedak padi, rumput lapangan, utilisasi nitrogen, komposisi tubuh dan kambing PE