PENGARUH SUPLEMENTASI RAGI TAPE DAN ENZIM KOMPLEKS DALAM RANSUM YANG MENGANDUNG POD KAKAO TERHADAP PENAMPILAN ITIK BALI UMUR 2-8 MINGGU

  • IDA BAGUS GAGA PARTAMA Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi enzim kompleks dan ragi tape dalam ransumyang mengandung pod kakao terhadap penampilan itik bali jantan umur 2-8 minggu, dilakukan di Denpasar,Bali. Rancangan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan empatmacam perlakuan dan enam kali ulangan. Tiap ulangan menggunakan 5 ekor itik Bali jantan umur 2 minggu denganberat badan homogen (243±8,05 g). Ke empat perlakuan yang dicobakan, yaitu itik yang diberi ransum basaltanpa penggunaan pod kakao sebagai kontrol (A), ransum dengan 15% tepung pod kakao (B), ransum dengan 15%pod kakao+0,20% ragi tape (C), dan ransum dengan 15% pod kakao+0,20% enzim kompleks (D). Ransum yangdiberikan selama periode penelitian (umur 2-8 minggu) disusun dengan kandungan protein kasar 16% dan energitermetabolis 2900 kkal/kg. Ransum dan air minum diberikan ad libitum. Variabel yang diamati adalah: konsumsiransum, air minum, berat badan akhir, pertambahan berat badan, dan feed conversion ratio (FCR). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penggunaan 15% pod kakao (B) dalam ransum secara nyata (P<0,05) menurunkanpertambahan berat badan, berat badan akhir, dan efisiensi penggunaan ransum itik dibandingkan dengan kontrol(A). Pertambahan berat badan, berat badan akhir, dan efisiensi penggunaan ransum pada itik perlakuan C dan Dmeningkat secara nyata (P<0,05) dibandingkan dengan perlakuan B, namun tidak berbeda nyata (P>0,05) dengankontrol (A). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan 15% pod kakao dalam ransum itik Balijantan umur 2-8 minggu belum dapat direkomendasikan, dan baru dapat direkomendasikan apabila disuplementasidengan 0,20% ragi tape atau enzim kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PARTAMA, IDA BAGUS GAGA. PENGARUH SUPLEMENTASI RAGI TAPE DAN ENZIM KOMPLEKS DALAM RANSUM YANG MENGANDUNG POD KAKAO TERHADAP PENAMPILAN ITIK BALI UMUR 2-8 MINGGU. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], june 2014. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/9204>. Date accessed: 24 jan. 2022.
Section
Articles

Keywords

saccharomyce cereviseae, enzim, pod kakao, itik