ANALISA PENDAPATAN DAN EFISIENSI EKONOMIS PENGGUNAAN PAKAN PADA USAHATANI PENGGEMUKAN SAPI BALI (STUDI KASUS DI DESA LEBIH, KABUPATEN GIANYAR)

  • I W. SUKANATA FAKULTAS PETERNAKAN, UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR-BALI
  • SUCIANI - FAKULTAS PETERNAKAN, UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR-BALI
  • K. W. PARIMARTHA FAKULTAS PETERNAKAN, UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR-BALI
  • B. R. T. PUTRI FAKULTAS PETERNAKAN, UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR-BALI
  • I G. SURANJAYA FAKULTAS PETERNAKAN, UNIVERSITAS UDAYANA, DENPASAR-BALI

Abstract

Kemampuan petani untuk mengalokasikan faktor-faktor produksi secara efisien dan ekonomis sangat penting untuk memaksimumkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan peternak dan tingkat efisiensi ekonomis penggunaan pakan hijauan dan pakan konsentrat dalam usahatani penggemukan sapi bali. Wawancara terhadap 50 peternak yang ada di Desa Lebih telah dilakukan pada tahun 2009 untuk mengumpulkanan data. Tingkat pendapatan peternak dianalisis berdasarkan atas biaya tunai dan biaya total. Efisiensi ekonomis penggunaan pakan hijauan dan pakan konsentrat ditentukan dengan mencari indeks efisiensi pakan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usahatani penggemukan sapi bali memberikan keuntungan pada peternak sebesar Rp. 1.292.485/ekor, dengan R/C ratio 1,2 jika hanya memperhitungkan biaya tunai (tanpa memperhitungkan biaya pakan hijauan, tenaga kerja, dan lahan). Namun jika semua biaya diperhitungkan secara finansial, usahatani penggemukan sapi bali menyebabkan kerugian sebesar Rp. 698.426,65/ekor, dengan R/C rasio 0,92. Jumlah pemberian pakan hijauan sudah mendekati kondisi yang efisien secara ekonomis (sedikit berlebihan) dengan nilai Indeks Efisiensi 0,93. Sedangkan jumlah pemberian pakan konsentrat tidak efisien dengan nilai Indeks Efisiensi 0,57, pemberian pakan hijauan dan konsentrat harus dikurangi sehingga masing-masing menjadi 29,27 kg/ekor/hari dan 2,35 kg/ekor/hari (setara dedak padi) untuk mencapai kondisi yang efisien secara ekonomis.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUKANATA, I W. et al. ANALISA PENDAPATAN DAN EFISIENSI EKONOMIS PENGGUNAAN PAKAN PADA USAHATANI PENGGEMUKAN SAPI BALI (STUDI KASUS DI DESA LEBIH, KABUPATEN GIANYAR). Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 17, n. 1, june 2014. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/9132>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2014.v17.i01.p04.

Keywords

efisiensi ekonomis, pakan konsentrat, pakan hijauan, penggemukan sapi bali