PERBAIKAN MUTU PAKAN YANG DISUPLEMENTASI SENG ASETAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN POPULASI BAKTERI DAN PROTEIN MIKROBA DI DALAM RUMEN, KECERNAAN BAHAN KERING, DAN NUTRIEN RANSUM SAPI BALI BUNTING

  • SENTANA PUTRA

Abstract

RINGKASAN Suatu penelitian telah dilaksanakan untuk meningkatkan populasi bakteri, protein mikroba rumen, kecernaan bahan kering, dan nutrien ransum sapi Bali bunting melalui perbaikan mutu pakan yang disuplementasi seng (Zn) asetat. Rancangan acak kelompok digunakan pada penelitian ini dengan duabelas ekor sapi dara bunting diletakkan pada tiga kelompok berdasarkan rata-rata bobot badan sapi tersebut (261 ? 17 kg). Pada setiap kelompok, ada empat grup perlakuan sapi dara yang diberi ransum, yaitu ransum A = 100% hijauan (pakan konvensional) terdiri atas 70% rumput gajah (RG) + 30% gamal; ransum B = 100% hijauan berbasis daun-daunan leguminosa (dengan perbaikan mutu pakan) dan terdiri atas 30% RG + 58% gamal + 12% waru; ransum C = 75% ransum B + 25% konsentrat tampa suplementasi Zn-asetat; dan ransum D = ransum C yang disuplementasi Zn-asetat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan mutu pakan dan suplementasi Zn-asetat nyata dapat meningkatkan pH cairan rumen, populasi bakteri, dan protein mikroba dengan nilai tertinggi terdapat pada sapi ransum D. Pemberian daun waru (Hibiscus tilliaceus) pada ransum B dapat menurunkan populasi protozoa dalam rumen 32,3% (5,51 x 104 Cell/ml vs 8,14 x 104 Cell/ml; P>0,05) jika dibandingan dengan sapi ransum A. Suplementasi Zn-asetat pada ransum D juga dapat menurunkan populasi protozoa dalam rumen 37,3% (15.3 x 104 Cell/ml vs 24.4 x 104 Cell/ml; P<0,001) jika dibandingkan dengan sapi ransum C. Kecernaan bahan kering (BK) dan nutrien semakin meningkat secara nyata ke arah perbaikan mutu pakan dan suplementasi Zn-asetat dengan koefisien cerna tertinggi terdapat pada sapi ransum D. Peningkatan koefisien cerna ini disebabkan oleh semakin nyata tingginya populasi bakteri dan protein mikroba dalam rumen pada sapi ransum D. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perbaikan mutu pakan (pakan dasar dan konsentrat) yang disuplementasi Zn-asetat (ransum D) dapat meningkatkan populasi bakteri, protein mikroba dalam rumen, kecernaan bahan kering, dan nutrien ransum secara dramatis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

SENTANA PUTRA
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Univ. Udayana
Published
2012-09-02
How to Cite
PUTRA, SENTANA. PERBAIKAN MUTU PAKAN YANG DISUPLEMENTASI SENG ASETAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN POPULASI BAKTERI DAN PROTEIN MIKROBA DI DALAM RUMEN, KECERNAAN BAHAN KERING, DAN NUTRIEN RANSUM SAPI BALI BUNTING. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 9, n. 1, sep. 2012. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/1701>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles