PENGARUH LAMA LATIHAN TERHADAP KONSUMSI PAKAN, KECERNAAN PAKAN DAN NERACA NITROGEN PADA KERBAU ATLET (MAKEPUNG) YANG DIBERI PAKAN RUMPUT RAJA

  • I. K. SUMADI

Abstract

RINGKASAN Penelitian untuk mempelajari lama latihan yang berbeda terhadap konsumsi pakan, kecernaan pakan, serta neraca nitrogen pada kerbau atlet (makepung) yang diberi rumput raja (King grass) telah dilaksanakan di Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana (Bali). Pada penelitian ini, digunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola Split plot (petak terbagi) 3 x 4. Tiga tingkat berat badan sebagai petak utama (B1 = 309,44 ? 4,29 kg; B2 = 350,94 ? 6,21 kg; dan B3 = 393,94 ? 8,07 kg) dan empat tingkat lama waktu latihan sebagai anak petak (L0 : tidak dilatih; L1 : dilatih selama 5 menit/hari; L2 : dilatih selama 10 menit/hari; dan L3 : dilatih selama 15 menit/hari) selama dua minggu. Setiap perlakuan terdiri atas empat ulangan dan peubah yang diamati adalah konsumsi pakan, kecernaan bahan kering pakan, perubahan berat badan, kecernaan protein, dan neraca nitrogen (N). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pakan, kecernaan bahan kering pakan, perubahan berat badan, dan neraca N secara nyata (P<0,05) dipengaruhi oleh lama latihan, sedangkan kecernaan protein tidak dipengaruhi oleh berat badan dan lama latihan (P>0,05). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan lama latihan tidak berpengaruh terhadap kecernaan protein, tetapi terjadi peningkatan konsumsi pakan, kecernaan bahan kering pakan, konsumsi N, dan perubahan berat badan. Peningkatan berat badan dan retensi N semakin rendah dengan meningkatnya lama latihan; bahkan terjadi penurunan berat badan pada kerbau yang dilatih selama 15 menit /hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I. K. SUMADI
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak,Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Published
2012-09-02
How to Cite
SUMADI, I. K.. PENGARUH LAMA LATIHAN TERHADAP KONSUMSI PAKAN, KECERNAAN PAKAN DAN NERACA NITROGEN PADA KERBAU ATLET (MAKEPUNG) YANG DIBERI PAKAN RUMPUT RAJA. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 9, n. 1, sep. 2012. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/1695>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles