KONSUMSI DAN KOEFISIEN CERNA NUTRIEN PADA KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE) YANG DIBERI PAKAN KONSENTRAT DITAMBAH SODA KUE (SODIUM BIKARBONAT).

  • I. G. L. OKA CAKRA
  • I. G. M. SUWENA
  • N. M. SUCI SUKMAWATI

Abstract

RINGKASAN. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui konsumsi dan koefisien cerna nutrien pada kambing (PE) yang diberi pakan konsentrat ditambah soda kue telah dilaksanakan di Stasiun Penelitian, Fapet, Unud, Jl. Raya Sesetan No. 122 Denpasar dan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, mulai dari tanggal 21 Maret sampai 16 Mei 2002. Penelitian menggunakan 9 ekor ternak kambing PE lepas sapih dengan berat badan awal 18,56 + 3,21 kg. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Ketiga perlakuan tersebut adalah level soda kue dalam konsentrat, yaitu 3 %, 6 % dan 9 % masing-masing untuk perlakuan A, B, dan C. Kambing diberi pakan atas rumput lapangan dan konsentrat dengan perbandingan 40 % : 60 %. Ransum diberikan 2 kali sehari, sedangkan air minum diberikan ad libitum. Peubah yang diamati adalah konsumsi dan koefisien cerna bahan kering, bahan organik, serat kasar, dan protein kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan kering, bahan organik, serat kasar, protein kasar, serta koefisien cerna bahan kering, bahan organik, serat kasar, dan protein kasar pada kambing yang mendapat perlakuan A, B dan C secara statistika menunjukkan perbedaan yang tidak nyata (P >0,05). Kambing yang mendapat perlakuan A mempunyai konsumsi dan koefisien cerna nutrien yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perlakuan B dan C. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penambahan soda kue dari level 3 % - 9 % tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan konsumsi dan koefisien cerna nutrien pada kambing peranakan etawah (PE).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I. G. L. OKA CAKRA
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
I. G. M. SUWENA
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
N. M. SUCI SUKMAWATI
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar
Published
2012-09-02
How to Cite
OKA CAKRA, I. G. L.; SUWENA, I. G. M.; SUKMAWATI, N. M. SUCI. KONSUMSI DAN KOEFISIEN CERNA NUTRIEN PADA KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE) YANG DIBERI PAKAN KONSENTRAT DITAMBAH SODA KUE (SODIUM BIKARBONAT).. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 8, n. 3, sep. 2012. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/1692>. Date accessed: 11 aug. 2022.
Section
Articles