ANALISIS STRATEGI BISNIS SAPI POTONG PADA PT LEMBU JANTAN PERKASA, JAKARTA

  • K. W. PARIMARTHA
  • L. CYRILLA
  • H.P. PERJAMAN

Abstract

RINGKASAN Analisis lingkungan merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama dalam mengantisipasi perubahan yang terjadi agar tetap mampu mengembangkan usahanya. Strategi yang dijalankan perusahaan merupakan reaksi atas perubahan lingkungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan sapi potong, sekaligus memformulasikan strategi bisnis sapi potong khususnya untuk PT Lembu Jantan Perkasa (PT LJP), Jakarta. Analisis data penelitian ini menggunakan matriks SWOT dan matriks portofolio General Electric. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa prioritas utama perusahaan adalah meningkatkan kemampuan produksi dan pemasaran untuk memanfaatkan peluang meningkatnya permintaan akan daging sapi dan mengantisipasi perkembangan volume produksi perusahaan. Formulasi strategi mengindikasikan bahwa usaha yang dijalankan PT LJP berada pada kategori usaha selektif. Pada kondisi tersebut, perusahaan disarankan untuk melakukan identifikasi pertumbuhan segmen, spesialisasi pada bidang penggemukan dan perdagangan sapi potong, serta menanamkan modal secara selektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

K. W. PARIMARTHA
Program Studi Sosial Ekonomi dan Agribisnis, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana 2
L. CYRILLA
Program Studi Sosial Ekonomi dan Agribisnis, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana 2
H.P. PERJAMAN
Departemen Sosial Ekonomi Industri Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor
Published
2012-09-02
How to Cite
PARIMARTHA, K. W.; CYRILLA, L.; PERJAMAN, H.P.. ANALISIS STRATEGI BISNIS SAPI POTONG PADA PT LEMBU JANTAN PERKASA, JAKARTA. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 8, n. 3, sep. 2012. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/1691>. Date accessed: 25 nov. 2024.
Section
Articles