PENGARUH PENGGUNAAN LEMAK SAPI DALAM RANSUM SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN ENERGI JAGUNG TERHADAP BERAT BADAN AKHIR DAN PROSENTASE KARKAS ITIK BALI

  • I. D. G. ALIT UDAYANA

Abstract

RINGKASAN Penelitian untuk mempelajari pengaruh penggunaan lemak sapi sebagai pengganti sebagian energi jagung terhadap pencapaian berat badan akhir dan prosentase karkas pada itik bali telah dilaksanakan di Denpasar. Digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 2 x 6 dengan 3 ulangan dan setiap ulangan terdiri atas 6 ekor itik bali umur sehari ( day old ducklings ). Faktor pertama adalah 2 jenis kelamin ( jantan dan betina ), sedangkan faktor kedua adalah perlakuan ransum, yaitu 6 jenis ransum yang menggunakan lemak sapi, masing-masing sebagai pengganti 0, 10, 20, 30, 40, dan 50 % energi jagung. Tidak terdapat interaksi antara jenis kelamin dan penggunaan lemak sapi sebagai pengganti sebagian energi jagung pada semua peubah yang diamati. Penggunaan lemak sapi sebagai pengganti 40 % energi jagung atau lebih secara nyata (P<0,05) menurunkan pertambahan berat badan dan pencapaian berat badan akhir. Prosentase karkas dari itik yang mengkonsumsi ransum dengan penggunaan lemak sapi sebagai pengganti 50 % energi jagung nyata (P<0,05) lebih rendah dari itik pada yang ransumnya tanpa lemak sapi (control).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I. D. G. ALIT UDAYANA
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Published
2012-08-28
How to Cite
UDAYANA, I. D. G. ALIT. PENGARUH PENGGUNAAN LEMAK SAPI DALAM RANSUM SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN ENERGI JAGUNG TERHADAP BERAT BADAN AKHIR DAN PROSENTASE KARKAS ITIK BALI. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2012. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/1686>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles