Rancang Bangun Engine Trainer Mesin Bensin sebagai Media Pembelajaran Motor Bensin

  • Anggara Sukma Ardiyanta Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Bhinneka PGRI
  • Yelma Dianastiti Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Bhinneka PGRI
  • Bagas Surya Hadi Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Bhinneka PGRI

Abstract

Pembelajaran akan maksimal jika ditunjang dengan media pembelajaran yang baik. Belajar akan dapat membentuk pengalaman yang komprehensif jika ditunjang dengan media pembelajaran yang memadai. Tujuan dari adanya media pembelajaran, antara lain untuk memperjelas penyajian materi/pesan supaya tidak bersifat verbal. Media pembelajaran bertujuan untuk menjembatani keterbatasan waktu, ruang, serta daya tangkap indera. Pada mata kuliah Motor Bensin keberadaan media pembelajaran perlu dilengkapi, baik secara kuantitas maupun kualitas. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka sebagai solusi dikembangkan engine trainer mesin bensin konvensional, dengan mesin Toyota seri 5K. Metode yang digunakan adalah dengan model Analyze-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Tahapan dari model ADDIE meliputi analisis kebutuhan pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), tahap desain dengan menggunakan perangkat lunak Google Sketchup, tahap development, tahap implementasi dengan melakukan uji fungsionalitas produk dan validitas ahli media, dan tahap evaluasi hasil pengujian sebelum digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk engine trainer mesin bensin konvensional dapat berfungsi, dan mencapai skor validitas ahli media mencapai 83,75 atau baik sekali. Berdasarkan skor yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran engine trainer layak sebagai media pembelajaran.


The learning process will be maximized if supported by good learning media. The activity of study will achieves experiences comprehensively, if supported by sufficient learning media. The purpose of learning media is to explain the contents or message, so it is not verbalism. The purpose of learning media to bridging the gap limitation of time, space, and solving the capture of senses limitation. At the Motor Bensin course, the existency of learning media, is need to be completed, either quantity and quality. The solution to solve this problem, is develop gasoline engine trainer, used 5K series Toyota engine. This research used Analyze-Design-Development-Implementation-Evaluation model(ADDIE). The ADDIE model contains needs analysis about profile learning outcomes, and course learning outcomes, designed 3D with Google Sketchup software, the development step of engine frame used SMAW welding method, implementation step with fungtionality test of this product, and media expert judgement, and evaluation of test results before applied as learning media of Motor Bensin course. The result of this research, indicates that the gasoline engine trainer can be operated properly, the score of media expert judgement 83,75 that indicates very good. Based on that score, so it can be concluded that gasoline engine trainer has good feasibility as instructional media.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-30
How to Cite
ARDIYANTA, Anggara Sukma; DIANASTITI, Yelma; HADI, Bagas Surya. Rancang Bangun Engine Trainer Mesin Bensin sebagai Media Pembelajaran Motor Bensin. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 161-168, nov. 2022. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/93078>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843//METTEK.2022.v08.i02.p11.
Section
Articles