Analisis Energi – Eksergi Penambahan SRO pada Sistem Exhaust Mesin Diesel Dual Fuel

  • Jhony Langgeng Baruna Wirawan Program Studi Magister Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Wijaya Kusuma Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • I Wayan Bandem Adyana Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana

Abstract

Penambahan sistem SRO pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan panas sisa dari gas buang mesin diesel. Analisis penambahan sistem SRO ini dilakukan dalam simulasi menggunakan software Aspen Plus®. Model yang digunakan dalam SRO ini adalah SRO sederhana, SRO WHRPG, dan SRO dengan recuperator. Penambahan SRO diharapkan mampu meningkatkan energi listrik yang dihasilkan, efisiensi, dan menurunkan temperatur gas buang mesin diesel. Kinerja sistem dianalisis untuk keseimbangan energi dan eksergi. Pada penelitian ini didapatkan peningkatan performa pada PLTDG setelah dikombinasikan dengan SRO WHRPG. Daya listrik yang dihasilkan adalah 15.158,07 kW dengan efisiensi energi sebesar 36,35% dan efisiensi eksergi sebesar 33,17%. Dengan penambahan WHRPG SRO juga dapat menurunkan temperatur gas buang hingga 532,14 K.


The addition of an SRO system in a diesel-gas power plant is one of the efforts to utilize the residual heat from diesel engine exhaust gas. The analysis of the addition of this SRO system was carried out in a simulation using the Aspen Plus® software. The models used in this SRO are simple SRO, WHRPG SRO, and SRO with recuperator. The addition of SRO is expected that it can increase the electrical energy generated, efficiency, and reduce the diesel engine exhaust gas temperature. The system performance will be analysed for energy balance and eksergi. In this study, the performance of diesel-gas power plant increased after it was combined with WHRPG SRO. The electrical power produced is 15,158.07 kW with an energy efficiency of 36.35% and an eksergi efficiency of 33.17%. With the addition of WHRPG SRO, it can also reduce the exhaust gas temperature up to 532.14 K.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-30
How to Cite
WIRAWAN, Jhony Langgeng Baruna; KUSUMA, I Gusti Bagus Wijaya; ADYANA, I Wayan Bandem. Analisis Energi – Eksergi Penambahan SRO pada Sistem Exhaust Mesin Diesel Dual Fuel. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 111-130, nov. 2022. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/89245>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/METTEK.2022.v08.i02.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)