Pengaruh AIS dan Pipa Gas Buang Berbahan Tembaga dan Aluminium terhadap Mesin 200cc

  • Dimitrij Chrisna Al Franzleon Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia
  • Dikky Antonius Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia
  • Priyono Atmadi Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif dewasa ini semakin pesat.. Dengan meningkatnya populasi kendaraan bermotor akan berdampak pada peningkatan polusi dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Jenis penelitian ini adalah eksperimen, obyek penelitian adalah mobil Motor Roda 3 Merk Powerace 200cc, bahan bakar yang digunakan adalah pertalite. Dengan menggunakan putaran mesin 1500 rpm sampai 4500 Penelitian ini menggunakan pipa gas buang berbahan logam non ferro ( tembaga dan aluminium) dan penambahan komponen AIS. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data numerik yang diperoleh dari pengujian yang telah dilakukan, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat sederhana yang mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pipa gas buang dengan bahan non ferro dan penambahan komponen AIS pada sisttem pembakaran mesin memberikan dampak terhadap gas CO, CO2, HC, dan NOx. Rata – rata gas CO terendah didapatkan pada tipe uji 3 yaitu sebesar 0.017 %, untuk gas CO2  paling baik di dapatkan tipe uji 3 yaitu sebesar 7.3 % yang menandakan pembakaran lebih sempurna, untuk gas HC nilai rata – rata terendah dihasilkan dari tipe uji 3 yaitu sebesar  53.7 ppm, dan gas NOx terbaik dihasilkan dari  tipe uji 4 yaitu sebesar 50,7 ppm, sedangkan untuk pengguaan bahan bakar paling rendah di dapatkan dari tipe uji 3 dengan konsumsi bahan bakar 0,4 L/h.


The development of automotive technology today is growing rapidly. The increasing population of motorized vehicles will have an impact on increasing pollution and consumption of fuel oil (BBM). This type of research is an experiment, the object of research is a 200cc Powerace 3-wheeled motorcycle, the fuel used is pertalite. By using an engine speed of 1500 rpm to 4500 This research uses exhaust gas pipes made of non-ferrous metals (copper and aluminum) and the addition of AIS components. The analysis technique used is descriptive analysis, which describes the numerical data obtained from the tests that have been carried out, then explained in the form of simple sentences that are easy to understand. Based on the research results, it can be concluded that the use of exhaust pipes with non-ferrous materials and the addition of AIS components to the engine combustion system has an impact on CO, CO2, HC, and NOx gases. The lowest average CO gas was obtained in type 3, which was 0.017%, for CO2 gas, it was best to get type 3, which was 7.3%, which indicates a more complete combustion, for HC gas the lowest average value was obtained from type 3, namely amounted to 53.7 ppm, and the best NOx gas was produced from type 4, which was 50.7 ppm, while for the use of the lowest fuel obtained from test type 3 with a fuel consumption of 0.4 L / h.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-25
How to Cite
AL FRANZLEON, Dimitrij Chrisna; ANTONIUS, Dikky; ATMADI, Priyono. Pengaruh AIS dan Pipa Gas Buang Berbahan Tembaga dan Aluminium terhadap Mesin 200cc. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 28-38, apr. 2021. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/68456>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/METTEK.2021.v07.i01.p04.
Section
Articles