Pengaruh Lamanya Waktu Penyimpanan Biogas Terhadap Komposisi Biogas

  • I Wayan Putra Adanyana Program Studi Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • Tjok Gde Tirta Nindha Jurusan teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • I Wayan Surata Jurusan teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Udayana

Abstract

Biogas merupakan gas yang di hasilkan dari limbah organik yang dapat di perbaharui dan dapat di jadikan bioergi, komposisi yang terkandung dalam biogas yaitu  gas hydrogen sulfida (H2S),  gas karbon dioksida (CO2), oksigen (O2), H2O dan gas metana (CH4). Lamanya waktu penyimpanan biogas yaitu untuk mengetahui pengaruh komposisi biogas selama penyimpanan. Kapasitas bag yang di gunakan dalam penelitian ini berkapasitas 100 lt biogas disimpan selama 21 hari , komposisinya di uji setiap hari sampai hari ke 7 dan kembali di uji komposisinya di hari ke 21 dengan aliran biogas 3 liter per menit. Perbandingan data dalam penelitian ini biogas di simpan dalam 2 bag, bag 1 tersimpan biogas belum di murnikan , bag ke 2 tersimpan biogas yang belum di murnikan dan di tambahkan kalsium klorida (CaCl2) di dalam bag. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan komposisi CH4 sebesar 62 % dengan penambahan CaCl2 dalam bag ke 2 dan menurunnya komposisi H2S dsan CO2 dibandingkan biogas yang tersimpan di bag 1 komposisi CH4 hanya 47 %.


Biogas is a gas produced from organic waste that can be renewed and can be made into bioergy, the composition contained in biogas is hydrogen sulfide gas (H2S), carbon dioxide gas (CO2), oxygen gas (O2), H2O and methane gas (CH4). The length of time for biogas storage is to determine the effect of biogas composition during storage. The capacity of the bag used in this study with a capacity of 100 liters of biogas is stored for 21 days, the composition is tested every day until the 7th day and the composition is tested again on the 21st day with a biogas flow of 3 liters per minute. Comparison of data in this study biogas stored in 2 bags, bag 1 stored biogas not purified, bag 2 stored biogas that has not been purified and added calcium chloride (CaCl2) in the bag. The results of this study showed an increase in the composition of CH4 by 62% with the addition of CaCl2 in bag 2 and a decrease in the composition of H2S and CO2 compared to biogas stored in bag 1 in the composition of CH4 was only 47%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-09
How to Cite
ADANYANA, I Wayan Putra; NINDHA, Tjok Gde Tirta; SURATA, I Wayan. Pengaruh Lamanya Waktu Penyimpanan Biogas Terhadap Komposisi Biogas. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 70-75, oct. 2020. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/56281>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/METTEK.2020.v06.i01.p09.
Section
Articles