Kaji Eksperimental Perbandingan Performa Engine4 Langkah MenggunakanBahan Bakar Hasil Pirolisis Sampah Plastik dan Premium

  • Marfizal Marfizal Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Sufiyanto Sufiyanto Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi
  • Adriyan Adriyan Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam tulisan ini terkait pengujian performa engine 4 langkah menggunakan bahan bakar hasil pirolisis sampah plastik (BBHPSP) dan dibandingkan dengan bahan bakar standar, yaitu premium. Pengujian dilakukan dengan menggunakan parameter tetap berupa volume bahan bakar (20 cc) dan kecepatan engine pada 4500 rpm yang dijaga konstan. Untuk memetakan performa engine 4 langkah menggunakan kedua jenis bahan bakar divariasikan besar pembebanan di poros keluaran engine. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan diperoleh temperatur ruang bakar dan temperatur gas buang di exhaust manifoldmenggunakantermokopel. Hasil ini digunakan untuk menghitung performa engine 4 langkah yang menunjukkan bahwa performa engine 4 langkah dengan BBHPSP masih berada di bawah performa engine dengan premium. Pada penelitian ini diketahui bahwa kerja keluaran, indicated horse power (IHP), dan efisiensi termal engine dengan BBHPSP lebih rendah masing-masingnya dalam rentang 8,0 – 11,7%; 20,8 – 32,1%; dan 9,6 – 17,7% terhadap nilai premium. Akan tetapi, konsumsi bahan bakar spesifiknya lebih tinggi dibandingkan dengan premium yaitu sebesar32,4 – 53,1%. Selanjutnya, hubungan antara konsumsi bahan bakar spesifik dengan kerja keluaran, IHP, dan efisiensi termal memenuhi fungsi kudratik.Secara umum dapat disimpulkan bahwa BBHPSP dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif dengan perlunya proses perlakuan setelah pirolisis selesai dilakukan atau penambahan katalis dalam proses.


This research was conducted to determine performance measurement of a four-stroke engine using fuel from pyrolisis procsess of plastic waste (BBHPSP) and gasoline as a standard fuel. The measurements were performed by keeping the fuel volume and engine rotation at constant value at 20 cc and 4500 rpm, respectively. To map the performance of four-stroke engine, it can be achieved by varying the magnitude of load at the output shaft. Temperature was also measured using thermocouple at combustion chamber and exhaust manifold. These measurements were applied to determine the performance of four-stroke engine. It gave the value of four-stroke engine using BBHPSP was lower than the use of gasoline. These values were 8,0 – 11,7%foroutput work, 20,8 – 32,1% for indicated horse power (IHP), and 9,6 – 17,7% for thermal efficiency comparing to the use of gasoline. Meanwhile, the specific fuel consumption of BBHPSP was greater than gasoline about 32,4 – 53,1%. Afterwards, the relation of specific fuel conumption with output works, IHP and thermal efficiency fulfilled the quadratic functions. To conclude, BBHPSP can be used as an alternative fuel for the four-stroke engine by considering a post-treatment or adding a catalyst when producing BBHPSP using pyrolisis proccess.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-28
How to Cite
MARFIZAL, Marfizal; SUFIYANTO, Sufiyanto; ADRIYAN, Adriyan. Kaji Eksperimental Perbandingan Performa Engine4 Langkah MenggunakanBahan Bakar Hasil Pirolisis Sampah Plastik dan Premium. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 76-84, nov. 2020. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/54344>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/METTEK.2020.v06.i02.p01.
Section
Articles