Growth And Coral Growth Rates Stylophora pistillata With Different Substrate Types Which Is Planted At Three Depths On Serangan Beach

Main Article Content

Kadek Andina Widiastuti Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni Ida Ayu Astarini

Abstract

INTISARI


Transplantasi karang adalah kegiatan membudidayakan/mengembangbiakan koloni karang dengan menggunakan metode fragmentasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kerusakan ekosistem terumbu karang sehingga keberadaan terumbu karang dan spesies yang hidup di sekitarnya tetap terjaga. Beberapa teknik telah banyak dilakukan dalam kegiatan transplantasi, namun pengetahuan terkini tentang teknik transplantasi yang tepat sangat dibutuhkan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis substrat yang digunakan terhadap pertumbuhan dan laju pertumbuhan karang Stylophora pistillata yang ditransplantasikan pada tiga kedalaman di Pantai Serangan, sehingga kegiatan transplantasi berjalan efektif dan efisien. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, mulai bulan November 2021 sampai Maret 2022 melalui penelitian lapangan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor yaitu jenis substrat yang digunakan (semen dan pasir; batu bata) dan kedalaman yang berbeda (1 m, 3 m dan 5 m). Penelitian ini menggunakan 90 fragmen Stylophora pistillata. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan jenis substrat memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan laju pertumbuhan karang pada kedalaman 1 m. Namun pada dua kedalaman lainnya diketahui pengaruh jenis substrat yang berbeda tidak berbeda nyata. Pertumbuhan dan laju pertumbuhan karang paling baik terlihat pada karang yang menggunakan substrat semen dan pasir yang ditransplantasikan pada kedalaman 1 m dengan pertumbuhan 3,29 cm (tinggi) dan 3,93 cm (lebar), sedangkan nilai laju pertumbuhan tertinggi adalah 0,82 cm/bulan. (tinggi) dan 0,98 cm/bulan (lebar).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WIDIASTUTI, Kadek Andina; YUNI, Luh Putu Eswaryanti Kusuma; ASTARINI, Ida Ayu. Growth And Coral Growth Rates Stylophora pistillata With Different Substrate Types Which Is Planted At Three Depths On Serangan Beach. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 51-66, mar. 2023. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/91707>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2023.v10.i01.p06.
Section
Articles