Hepatoprotektor Rumput Laut Eucheuma cottonii Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus L.) Jantan Yang Diinduksi Natrium Nitrit (Nano2)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ida Ayu Ratih Purnama Dewi Ngurah Intan Wiratmini Iriani Setyawati

Abstrak

Natrium nitrit (NaNO2) merupakan pengawet makanan yang sering ditambahkan pada produk daging olahan. Konsumsi NaNO2 secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Salah satu upaya meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan dari NaNO2 yaitu dengan mengkonsumsi antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan ekstrak rumput laut Eucheuma cotonii sebagai hepatoprotektor pada tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang diinduksi natrium nitrit (NaNO2). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri atas dua kontrol dan tiga perlakuan masing-masing dengan enam ulangan. Kontrol negatif (K-) diberikan aquades dan CMC NA 0,5%. Kontrol positif (K+) hanya diberikan NaNO2 dosis 22,5 mg/kgBB selama 35 hari. Kelompok perlakuan P1, P2, dan P3 masing-masing pada hari ke-1 sampai dengan hari ke-15 tikus diberikan NaNO2 dosis 22,5 mg/kgBB, kemudian hari ke-16 sampai dengan hari ke-35 diberikan NaNO2 dosis 22,5 mg/kgBB pada pagi hari dan ekstrak rumput laut dengan dosis berturut-turut 150 mg/kgBB (P1); 300 mg/kgBB (P2); dan 450 mg/kgBB (P3) pada sore hari. Hari ke-36 sampai hari ke-45 hanya diberikan ekstrak rumput masing-masing dosis saja. Pada hari ke-46, dilakukan pengambilan darah dan pembedahan untuk pengambilan organ hati.  Analisis data kadar SGPT dan SGOT plasma darah dan parameter histologi dilakukan dengan uji statistik One Way Anova dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil menunjukkan ekstrak Eucheuma cottonii dosis 150 mg/kgBB paling efektif menurunkan tingkat kerusakan hati secara signifikan yang dilihat dari kadar SGPT dan SGOT serta histologi hati pada tikus putih yang diinduksi natrium nitrit (NaNO2).


 


Kata kunci :Eucheuma cottonii, profil darah, hati, ginjal, tikus

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
DEWI, Ida Ayu Ratih Purnama; WIRATMINI, Ngurah Intan; SETYAWATI, Iriani. Hepatoprotektor Rumput Laut Eucheuma cottonii Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus L.) Jantan Yang Diinduksi Natrium Nitrit (Nano2). Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 229-239, sep. 2020. ISSN 2655-8122. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/61789>. Tanggal Akses: 19 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2020.v07.i02.p12.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>