CHARACTERISTIC INFLUENCE OF SAND BEACH ABOUT PERCENTAGE HATCHING SUCCESS OLIVE RIDLEY SEA TURTLE EGG ON CONSERVATION EFFORT SEA TURTLE IN BALI

Main Article Content

I Nyoman Yoga Parawangsa I Wayan Arthana Rani Ekawaty

Abstract

Enam dari tujuh spesies penyu laut ditemukan di Indonesia dan tiga diantaranya melakukan proses peneluran di beberapa pantai di Bali, salah satunya adalah Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) yang masuk kedalam kategori terancam punah oleh IUCN. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh perbedaan karaktertistik pasir pantai terhadap persentase penetasan telur Penyu Lekang pada media sarang semi alami. Keberhasilan penetasan pada sampel telur dilihat melalui variabel suhu pasir, suhu udara, kelembaban pasir, kelembaban udara, besar ukuran pasir, dan warna pasir. Persentase tertinggi dari keberhasilan penetasan sampel telur terjadi pada media penetasan pasir Pantai Pulau Serangan sebesar 97% dengan masa inkubasi 49 hari dan rentang suhu pasir berkisar antara 27,50o C, sampai 30,40o C. Sedangkan media pasir Pantai Saba dan Pantai Perancak memiliki persentase keberhasilan penetasan 87% dan 67% dengan masa inkubasi 46 hari. Perbedaan masa inkubasi tersebut dipengaruhi oleh variabel suhu pasir. Sementara perbedaan persentase keberhasilan penetasan dipengaruhi oleh perbedaan karakteristik pasir pada media penetasan. Dengan meningkatkan persentase keberhasilan penetasan yang tinggi, maka akan diperoleh tukik hidup yang lebih banyak untuk pemulihan populasi penyu dalam upaya untuk mendukung kegiatan konservasi penyu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PARAWANGSA, I Nyoman Yoga; ARTHANA, I Wayan; EKAWATY, Rani. CHARACTERISTIC INFLUENCE OF SAND BEACH ABOUT PERCENTAGE HATCHING SUCCESS OLIVE RIDLEY SEA TURTLE EGG ON CONSERVATION EFFORT SEA TURTLE IN BALI. Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 36-43, mar. 2018. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/38463>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2018.v05.i01.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)