PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG TAUGE DALAM FORMULASI PAKAN BUATAN TERHADAP RESPON KEMATANGAN TELUR TAHAP AKHIR IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var. Sangkuriang)

Main Article Content

Della Faradila Efrizal Efrizal Resti Rahayu

Abstract

Salah satu cara untuk mempercepat pematangan gonad dan ovulasi yaitu aplikasi nutrisi pada pakan induk. Tauge memilki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk reproduksi dan dapat diolah menjadi pakan yang berkualitas dalam meningkatkan reproduksi ikan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung tauge dalam formulasi pakan buatan terhadap persentase kematangan telur tahap akhir ikan lele sangkuriang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya berupa pemberian tepung tauge dengan dalam formulasi pakan buatan (pelet) untuk ikan lele yang terdiri atas 0 %, 5 %, 10 % dan 15 % tepung tauge. Hasil penelitian menunjukkan pemberian tepung tauge dalam formulasi pakan buatan memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0.05) terhadap persentase kematangan telur tahap akhir dengan rata-rata pertambahan persentase kematangan telur tahap akhir berkisar antara 53,33-68,88 %. Nilai tertinggi pertambahan persentase kematangan telur tahap akhir didapatkan pada perlakuan tepung tauge 15 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FARADILA, Della; EFRIZAL, Efrizal; RAHAYU, Resti. PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG TAUGE DALAM FORMULASI PAKAN BUATAN TERHADAP RESPON KEMATANGAN TELUR TAHAP AKHIR IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus var. Sangkuriang). Metamorfosa: Journal of Biological Sciences, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 256-262, oct. 2017. ISSN 2655-8122. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/metamorfosa/article/view/35034>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/metamorfosa.2017.v04.i02.p18.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)