Perancangan Sistem Informasi Surat Menyurat Terintegrasi (SUMATRI) Berbasis Website dan Android

  • Kadek Oky Sanjaya Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Andy Asmarajaya Universitas Hindu Indonesia

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 ini peranan teknologi informasi sangat penting karena semua aktivitas/pekerjaan diharapkan dapat terselesaikan dengan cepat dan memperoleh hasil yang akurat dan optimal melalui teknologi digital. Sektor pemerintah maupun swasta diharapkan bisa memanfaatkan teknologi untuk menunjang dan mengoptimalkan kinerja masing-masing sektor sehingga mampu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Sistem informasi surat-menyurat terintegrasi (SUMATRI) merupakan suatu sistem yang dikembangkan untuk menunjang kinerja administrasi surat menyurat. Sistem mampu mengelola data administrasi perkantoran mulai dari arsip data kependudukan, arsip data surat masuk, arsip data surat-menyurat bahkan mampu menerima pembuatan surat yang dipesan secara online melalui smartphone android. Pemesanan surat secara online bertujuan agar masyarakat yang ingin membuat surat tidak perlu datang lansung ke kantor pelayanan karena semua syarat-syarat yang diperlukan bisa dilengkapi dan diupload via smartphone android. Admin menerima pemberitahuan dan memvalidasi surat yang dipesan oleh masyarakat dan memberikan pemberitahuan/notifikasi kepada masyarakat jika suratnya sudah bisa diambil. Perancangan SUMATRI diharapkan mampu membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan yang lebih baik terutama dalam hal administrasi surat-menyurat kepada masyarakat.

Published
2020-11-23
How to Cite
SANJAYA, Kadek Oky; SUBAWA, I Gede Bendesa; ASMARAJAYA, I Kadek Andy. Perancangan Sistem Informasi Surat Menyurat Terintegrasi (SUMATRI) Berbasis Website dan Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 222-231, nov. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/65156>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i03.p07.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.