Sistem Kontrol dan Monitoring Tanaman Hidroponik Aeroponik Berbasis Internet of Things

  • Putu Denanta Bayuguna Perteka Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Pesatnya pertambahan penduduk berdampak pada sektor pertanian sebagai akibat dari pengalihan lahan pertanian. Pengalihan ini berdampak juga pada persediaan bahan pangan dan kerusakan ekosistem. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, perlu diupayakan penggunaan teknologi sebagai sebuah solusi di era digitalisasi. Penelitian ini memadukan tanaman hidroponik dengan bantuan teknologi Internet of Things (IoT) menggunakan teknik penanaman Aeroponik. Aeroponik merupakan teknik dalam penanaman hidroponik yang memberikan larutan nutrisi dalam bentuk kabut langsung menuju ke akar, sehingga tanaman lebih mudah menyerap nutrisi. Perancangan perangkat IoT menggunakan mikrokontroler raspberry pi yang diinetgrasikan dengan mikrokontroler Arduino Mega sebagai pusat dalam menjalankan sensor pendukung seperti sensor water level, ultrasonik, ph, tds, dan dht22. Aplikasi mobile android digunakan sebagai interface dalam kontrol dan monitoring perangkat oleh pengguna. Dari rancangan dan serangkaian uji coba pada sistem disimpulkan bahwa, rancangan sistem tanaman hidroponik aeroponik berbasis IoT mampu melakukan monitoring dan controlling tanaman, serta otomatisasi dalam pencampuran nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Published
2020-10-19
How to Cite
DENANTA BAYUGUNA PERTEKA, Putu; PIARSA, I Nyoman; WIBAWA, Kadek Suar. Sistem Kontrol dan Monitoring Tanaman Hidroponik Aeroponik Berbasis Internet of Things. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 197-210, oct. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/64072>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i03.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.