Optimalisasi Formula Default Pada Amibroker Untuk Analisis Teknikal Pada Pasar Saham

  • Ridho Hisbi Sulaiman Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya Universitas Udayana
  • Anak Agung Ketut Agung Cahyawan Wiranatha Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengoptimalisasi sebuah formula default pada Amibroker  menggunakan Bahasa AFL dengan beberapa algoritma yang dirancang agar para trader di pasar saham dapat melakukan analisis teknikal dan mengetahui langkah apa yang dapat diambil selanjutnya pada pasar saham. Formula default yang sudah dioptimalisasi memberikan informasi berupa tampilan chart. Para pengguna formula default yang sudah dioptimalisasi dapat mengetahui tindakan selanjutnya yang dapat diperoleh diambil dengan melihat sinyal buy
atau sell yang tampil pada chart. Hasil dari penelitian nantinya diharapkan formula default yang dioptimalisasi dapat menjalankan fungsi-fungsi sebagaimana mestinya. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah hingga saat ini formula default pada Amibroker yang sudah dioptimalisasi sebelumnya telah dapat menampilkan chart yang dapat memberikan analisis teknikal bagi pengguna berupa kondisi buy atau sell yang ditandai dengan sinyal berupa panah, menampilkan area resistance dan area support untuk membatasi keuntungan dan kerugian yang dapat diperoleh dari saham yang dimiliki.

Published
2020-10-07
How to Cite
SULAIMAN, Ridho Hisbi; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; WIRANATHA, Anak Agung Ketut Agung Cahyawan. Optimalisasi Formula Default Pada Amibroker Untuk Analisis Teknikal Pada Pasar Saham. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 177-187, oct. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/63212>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i03.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.