Sistem Monitoring dan Kontrol Berbasis Internet of Things untuk Penghematan Listrik pada Food and Beverage

  • Ali Khumaidi Universitas Krisnadwipayana

Abstract

Departemen Food and Beverage (F&B) menjadi salah satu sumber penghasilan dari perusahaan. F&B menggunakan berbagai peralatan dan mesin dengan daya yang cukup besar untuk mendukung operasional, jika pemakaiannya tidak dikendalikan maka menyebabakan biaya listrik yang tinggi. Penggunaan peralatan dan mesin harus rutin dikontrol, jika kondisi peralatan tidak normal dapat mengakibatkan pemakaian listrik menjadi berlebih hingga kerusakan. Dalam mengendalikan pemakaian listrik dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memonitor dan mengendalikan penggunaan energi listrik. Beberapa publikasi sebelumnya sudah ada yang meneliti terkait monitoring penggunaan listrik berbasis internet of things namun belum ada yang meneliti terkait monitoring dan kontrol peralatan dan mesin pada F&B. Pada penelitian ini untuk mengontrol dan mengendalikan peralatan digunakan arduino mega2560, ethernet shield, sensor suhu, sensor magnet, sensor arus ACS712, fusethermo, dan modul wifi. Hasil pengujian prototipe bahwa sistem yang dibangun bekerja dengan baik dan mampu memonitoring penggunaan energi listrik serta dapat mengendalikan peralatan dari jarak jauh serta pengontrolan segala bentuk kerusakan yang disebabkan kelalaian perawatan terhadap peralatan dapat diminimalisir dengan adanya sensor-sensor yang terpasang pada tiap alat.

Published
2020-10-07
How to Cite
KHUMAIDI, Ali. Sistem Monitoring dan Kontrol Berbasis Internet of Things untuk Penghematan Listrik pada Food and Beverage. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 168-176, oct. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/62413>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i03.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.