Rancang Bangun Chatbot Sebagai Penghubung Komunikasi Antara Aplikasi Line Messenger Dengan Telegram Messenger

  • Defri Gentia Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Teknologi informasi seiring waktu telah berkembang sangat pesat dengan adanya berbagai aplikasi instant messaging yang bermunculan bertujuan sebagai media komunikasi secara digital. Aplikasi instant messaging telah digunakan diberbagai bidang seperti di dunia pendidikan salah satunya untuk perkuliahan. Penggunaan instant messaging di perkuliahan bertujuan sebagai media untuk berkomunikasi antara mahasiswa dan dosen terkait aktivitas kuliah. Contoh aplikasi instant messaging yang telah digunakan mahasiswa dan dosen yaitu Line Messenger dan Telegram Messenger. Perbedaan instant messaging yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa menimbulkan permasalahan dimana mahasiswa biasa menggunakan Line dan dosen menggunakan Telegram, sehingga saat mahasiswa ingin berkomunikasi online dengan dosen maka harus menggunakan aplikasi yang sama dengan yang digunakan oleh dosen yaitu Telegram. Solusi untuk mempermudah komunikasi online antara mahasiswa dan dosen, yaitu dengan pembuatan chatbot, karena bisa dirancang sebagai sistem penghubung komunikasi antara mahasiswa dengan dosen. Chatbot yang dirancang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi Line dengan Telegram. Komunikasi berupa pesan teks yang diberikan baik oleh mahasiswa maupun dosen melalui aplikasi Line ataupun Telegram disimpan oleh chatbot dan dikirim ke instant messaging lawan bicara.

Published
2020-12-28
How to Cite
GENTIA, Defri; SUKARSA, I Made; WIBAWA, Kadek Suar. Rancang Bangun Chatbot Sebagai Penghubung Komunikasi Antara Aplikasi Line Messenger Dengan Telegram Messenger. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 156-167, dec. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/62212>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i03.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.