Evaluasi Keamanan Website Lembaga X Melalui Penetration Testing Menggunakan Framework ISSAF

  • I Gede Ary Suta Sanjaya Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Universitas Udayana
  • Dewa Made Sri Arsa Universitas Udayana

Abstract

Lembaga X adalah lembaga pemilihan umum yang memiliki situs web sebagai media penyampaian informasi dan penataan data pemilih. Sebagai situs web yang menyimpan data sensitif, perlu dilakukan peningkatan keamanan untuk mencegah terjadinya serangan pihak luar. Metode yang dapat digunakan untuk menguji keamanan sistem adalah pengujian penetrasi. Framework ISSAF adalah standar pengujian penetrasi yang digunakan untuk menguji ketahanan situs web, yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kontrol keamanan lainnya, dan berfungsi sebagai jembatan antara pandangan teknis dan manajerial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui celah keamanan website Lembaga X dengan menggunakan metode penetration testing dengan Framework ISSAF. Framework ISSAF meliputi sembilan asesmen pengujian yang meliputi Information Gathering, Network Mapping, Vulnerability Identification, Penetration, Gaining Access and Privilege Escalation, Enumerating Further, Compromise Remote User/Sites, Maintaining Access, dan Covering Tracks. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh 18 celah keamanan yang terdapat pada website Lembaga X. Pemberian rekomendasi diberikan untuk meningkatkan keamanan website Lembaga X

Published
2020-07-18
How to Cite
SANJAYA, I Gede Ary Suta; SASMITA, Gusti Made Arya; ARSA, Dewa Made Sri. Evaluasi Keamanan Website Lembaga X Melalui Penetration Testing Menggunakan Framework ISSAF. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 113-124, july 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/61232>. Date accessed: 08 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i02.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.