Penerapan Quick Response (QR) Code pada Aplikasi Electronic-Invitation (E-Invitation)

  • Nurwanto Nurwanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Gus Nanang Syaifuddiin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Fitayani Intan Pradani Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Quick Response Code atau QR Code adalah semacam simbol dua dimensi yang diperuntukkan data berkapasitas besar dan dapat menampung lebih banyak informasi, serta memungkinkan kontennya diterjemahkan dengan kecepatan tinggi. Tujuan pada penelitian ini yaitu menerapkan QR Code pada perancangan aplikasi Electronic Invitation (E-Invitation) berbasis web karena QR Code memiliki kapasitas data yang dapat disimpan lebih banyak dibandingan dengan Barcode. QR Code digunakan untuk menyimpan data berupa NIK dan nama lengkap yang telah dienskripsi ke MD5 sebagai pembeda antara orang satu dengan yang lainnya, serta untuk menggantikan pengisian daftar hadir secara konvensional menggunakan kertas pada saat acara dilaksanakan serta mempercepat dalam melakukan verifikasi dan rekapitulasi data kehadiran. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Black Box dari 12 fitur yang ada pada aplikasi E-Invitation diantaranya Register, Login Tamu, Mengubah Biodata Tamu, Mengunduh Undangan, Login Administrator, Dashboard, Absensi, Daftar Hadir, Daftar Tamu Tidak Hadir, Acara, Data Tamu, Data User. Hasil pengujian menunjukan semua fitur dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada bug yang ditemukan.

Published
2020-06-30
How to Cite
NURWANTO, Nurwanto; SYAIFUDDIIN, Gus Nanang; PRADANI, Fitayani Intan. Penerapan Quick Response (QR) Code pada Aplikasi Electronic-Invitation (E-Invitation). Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 81-88, june 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/59397>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i02.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.