Studi Pustaka Sistem Pemantauan Jaringan Distribusi Air Publik berbasis Internet of Things (IoT)

  • Arya Dharmadi Udayana University
  • Dewa Made Sri Arsa Universitas Udayana

Abstract

Jaringan pipa air suatu daerah yang dikelola oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) berfungsi untuk mendistribusikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Namun, sering kali proses distribusi air bersih ini tersendat yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pasokan air dari hulu yang menipis, sumber air kotor dan berlumpur, atau jaringan pipa yang bermasalah. Dengan demikian, pada penelitian ini akan dilakukan peninjauan dan pembahasan terhadap solusi-solusi berbasis Internet of Things (IoT) yang dirancang oleh para peneliti terkait permasalahan pada sektor jaringan distribusi air publik. Peninjauan dan pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui masalah apa sering muncul dan sampai sejauh mana solusi yang dirancang yang bisa dimanfaatkan oleh PDAM. Studi pustaka dilakukan dengan mempelajari artikel-artikel terkait yang dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks Scopus yang terbit selama 5 tahun terakhir. Dari penelitian berbasis literature review ini, didapatkan permasalahan yang masih terbuka yang belum diselesaikan yang bisa dirumuskan solusinya lebih lanjut. Salah satunya adalah permasalahan pelanggan yang tidak mendapatkan informasi terkini terkait kondisi jaringan air publik.

Published
2020-04-30
How to Cite
DHARMADI, Arya; SRI ARSA, Dewa Made. Studi Pustaka Sistem Pemantauan Jaringan Distribusi Air Publik berbasis Internet of Things (IoT). Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 54-60, apr. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/59356>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i01.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.