Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah situs web Detik.com sudah sesuai dengan kaidah penyajian situs web yang baik dan benar dan melakukan evaluasi untuk mengukur dan meningkatkan serta memperbaiki kualitas layanannya yang masih kurang. Metode yang digunakan adalah metode webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil dari perhitungan rata-rata nilai kesenjangan (GAP) pada website Detik.com menunjukkan hasil negatif (<0) yaitu sebesar -0,04, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kinerja website Detik.com masih kurang dan belum memenuhi harapan pengguna. Dan hasil dari kuadran IPA didapati bahwa 1 atribut yang masuk kedalam kuadran I, 10 atribut pada kuadran II, 7 atribut pada kuadran III, dan 4 atribut masuk ke dalam kuadran IV. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak Detik.com khususnya pihak yang mengelola website Detik.com serta bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanannya serta dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pengguna layanan atau pengunjung website.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Website Detik.com, Webqual 4.0, Importance-Performance Analysis (IPA)
Abstract
This study aims to analyze whether the website Detik.com is in accordance with the rules of the presentation of a good and correct website and conduct evaluations to measure and improve and improve the quality of services that are still lacking. The method used is the Webqual 4.0 method and Importance-Performance Analysis (IPA). The results of the calculation of the average gap value (GAP) on the website Detik.com showed negative results (<0) in the amount of -0.04, from these results indicate that the level of performance of the Detik.com website is still lacking and does not meet user expectations. And the results of the IPA quadrant found that 1 attribute entered into quadrant I, 10 attributes in quadrant II, 7 attributes in quadrant III, and 4 attributes entered into quadrant IV. This research is expected to provide input to Detik.com, especially those who manage the Detik.com website and can be used as an evaluation material in improving and maintaining the quality of its services and can provide satisfying services to service users or website visitors.
Keywords: Service Quality, Website Detik.com, Webqual 4.0, Importance-Performance Analysis (IPA)