Penerapan COBIT 5 Pada Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Perusahaan X

  • Clarissa Anindita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Universitas Udayana

Abstract

Audit operasional merupakan suatu bentuk audit yang dilakukan untuk mengetahui proses TI yang berjalan pada perusahaan. Audit tata kelola TI awalnya merupakan salah satu bentuk audit operasional, namun saat ini audit TI sudah dikenal sebagai satu satuan jenis audit tersendiri dimana tujuan utamanya lebih untuk meningkatkan tata kelola TI (IT governance). Audit tata kelola TI dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kapabilitas dari proses TI yang berjalan di perusahaan, apakah sudah sesuai dengan panduan pada COBIT 5 atau belum. Penelitian dimulai dengan survey terhadap perusahaan dalam bentuk wawancara, pemilihan domain COBIT 5 dan hasil kuesioner yang didapat sebagai representasi tingkat kapabilitas saat ini. Perbandingan tingkat kapabilitas saat ini (current capability) dengan tingkat yang diharapkan (expected capability) menimbulkan tingkat kesenjangan (gap). Saran dan rekomendasi diberikan terhadap proses yang memiliki gap agar kinerja semakin baik dan sesuai dengan harapan perusahaan.
Kata kunci: Distribusi Air Bersih, Audit, Tata Kelola TI, COBIT 5, Kapabilitas

Published
2019-12-31
How to Cite
ANINDITA, Clarissa; PURNAWAN, I Ketut Adi; MANDENNI, Ni Made Ika Marini. Penerapan COBIT 5 Pada Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Perusahaan X. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 244-252, dec. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/54250>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i03.p08.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.