Identifikasi Sel Human African Trypanosomiasis Pada Sel Darah Dengan Menggunakan K-Means Clustering

  • Agung Udayana Putra Udayana University
  • I Ketut Gede Darma Putra Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Human African Trypanosomiasis atau merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ada pada darah manusia. Parasit tersebut muncul akibat gigitan dari lalat tsetse yang umumnya terjadi di wilayah pedesaan. Parasit yang dikeluarkan oleh lalat tsetse tersebut berbentuk seperti jentik nyamuk yang terdapat dalam sel darah dengan warna yang sangat mirip dengan sel darah manusia. Parasit tersebut berukuran sangat kecil dengan warna yang menyerupai sel darah manusia. Berdasarkan hal tersebut, tugas akhir ini mengusulkan pembuatan aplikasi identifikasi sel Human African Trypanosomiasis pada sel darah manusia menggunakan K-Means Clustering. Untuk mendeteksi adanya sel Human African Trypanosomiasis pada sel darah manusia, digunakan suatu metode clustering untuk membedakan antara sel darah dengan sel parasit. 
Kata Kunci : African Trypanosomiasis, African Sleeping Sickness, K-Means Clustering, Lalat Tsetse

Published
2019-12-31
How to Cite
PUTRA, Agung Udayana; PUTRA, I Ketut Gede Darma; WIBAWA, Kadek Suar. Identifikasi Sel Human African Trypanosomiasis Pada Sel Darah Dengan Menggunakan K-Means Clustering. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 170-181, dec. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/53960>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i03.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.