Prediksi Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Presiden 2014 dengan Metode Support Vector Machine

  • I Putu Arya Putra Wibawa Mahasiswa Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Universitas Udayana
  • Desy Purnami Singgih Putri Universitas Udayana
  • Ni Kadek Dwi Rusjayanthi Universitas Udayana

Abstract

Pemilihan umum merupakan proses dalam memilih seseorang yang mewakili rakyat yang  menduduki sebuah kursi pemerintahan. Pemilu di Indonesia dilaksanakan sejak tahun 1995 silam dan pemilihan anggota eksekutif yang melibatkan suluruh masyarakat umum pada tahun 2004. Partisipasi DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk pilpres tahun 2014 cenderung menurun dibandingkan dengan tahun 2009 (70,9%) yaitu hanya 70,2%. Langkah KPU dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dilakukan prediksi menggunakan ilmu data mining dengan teknik klasifikasi. Jumlah partisipasi DPT yang berpartisipasi dalam pemilu lebih awal diketahui, maka semakin mudah melakukan sosialisasi untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih. Metode data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Support Vector Machine (SVM) dengan dataset dari data DPT Pilpres tahun 2014 Kecamatan Denpasar Barat Provinsi Bali. Pengujian tingkat akurasi dari metode SVM menggunakan parameter input C dan fungsi kernel dalam proses klasifikasi. Hasil akurasi tertinggi yang didapat dalam memprediksi partisipasi pemilih sebesar 96% dengan kernel RBF dan nilai parameter C yaitu 5.
Kata kunci: Support Vector Machine, Data Mining, Prediksi Partisipasi Pemilih

Published
2019-12-31
How to Cite
WIBAWA, I Putu Arya Putra et al. Prediksi Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Presiden 2014 dengan Metode Support Vector Machine. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 182-192, dec. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/53695>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i03.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.