Penerapan E-CRM dengan Dukungan Sistem Informasi pada Event Organizer Berbasis Android

  • Putu Yudha Yarcana TI
  • I Made Agus Dwi Suarjaya
  • I Putu Agung Bayupati

Abstract

Event organizer atau EO merupakan pekerjaan yang bergerak pada bidang jasa yang mengarah pada pengorganisasian suatu kegiatan acara atau event atas permintaan klien. Permasalahan yang ada pada penyedia jasa layanan EO (Event Organizer) yang diteliti diantaranya terbatasnya media promosi, hanya menggunakan aplikasi sosial media, serta terbatasnya usaha mempertahankan klien dan mencari klien baru guna meningkatkan eksistensi dari pihak EO (Event Organizer). Sistem informasi berbasiskan Android dibuat untuk mengatasi permasalahan terkait jasa layanan EO (Event Organizer), yaitu dengan implementasi E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Sistem yang dihasilkan dapat digunakan oleh penyedia jasa layanan EO (Event Organizer) sebagai media promosi, juga untuk mempertahankan dan mencari klien baru melalui fitur-fitur yang ada pada sistem. Fitur-fitur yang tersedia yaitu fitur feedback, direct message, live chat, push notification promo paket, dan suggestion paket event. Berdasarkan hasil survey melalui kuesioner yang diuji terhadap 20 orang responden didapatkan hasil penilaian antarmuka sistem 65% sangat setuju dan 30% setuju, serta aspek kesesuaian proses dan fitur menghasilkan penilaian 54% sangat setuju dan 40% setuju.

Published
2020-04-30
How to Cite
YARCANA, Putu Yudha; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; BAYUPATI, I Putu Agung. Penerapan E-CRM dengan Dukungan Sistem Informasi pada Event Organizer Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 22-33, apr. 2020. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/53520>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2020.v08.i01.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.