Rancang Bangun Game Platformer Daud VS Goliat Berbasis Android

  • Johan Tamin Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agus Eka Pratama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Cerita alkitab merupakan cerita mengenai tokoh alkitab bagi umat Yahudi dan Kristiani yang memiliki unsur sejarah. Cerita alkitab juga memiliki pesan moral yang baik dibalik cerita yang disampaikan. Salah satu cerita alkitab yang terkenal adalah kisah Daud dan Goliat. Kisah Daud melawan Goliat menceritakan kisah mengenai seorang pemuda gembala domba bernama Daud yang mampu mengalahkan prajurit raksasa bernama Goliat dikarenakan imannya yang kuat. Penelitian ini bertujuan mentransformasikan cerita alkitab yang umumnya dalam bentuk buku ke media aplikasi game berbasis Android sehingga lebih menarik dan dapat digunakan sebagai sarana mengajar pendidikan karakter untuk anak-anak sekolah minggu. Game Daud VS Goliat dikembangkan berbasis Android bergenre platformer. Metode pengukuran pengetahuan terhadap cerita dilakukan dengan model Pre-Experiment One Group Pretest-Posttest Design menggunakan media kuesioner yang diisi oleh 20 responden yaitu jemaat gereja. Hasil dari kuesioner yaitu jumlah responden yang mengetahui dan memahami isi cerita dan pesan moral dari cerita Daud dan Goliat sebelum memainkan game adalah 67,5% responden dan meningkat menjadi 99% setelah memainkan game Daud VS Goliat.


Kata kunci: Cerita Alkitab, Daud dan Goliat, Android, Game, Platformer

Published
2019-08-01
How to Cite
TAMIN, Johan; MADE AGUS DWI SUARJAYA, I; PUTU AGUS EKA PRATAMA, I. Rancang Bangun Game Platformer Daud VS Goliat Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 133-142, aug. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/53481>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i02.p05.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.