Implementasi Generalized Vector Space Model (GVSM) dalam Pencarian Buku di Perpustakaan

  • I Made Suwija Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Putu Ayu Widiari Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Wayan Gunaya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perpustakaan sebagai tempat koleksi buku yang besar tentu akan menemui kesulitan pelayanan pencarian buku jika masih menggunakan teknologi konvensional. Dalam ilmu Information Retrieval terdapat beberapa metode dalam pencarian dokumen yang relevan, salah satunya Generalized Vector Space Model (GVSM). Metode ini merupakan perkembangan dari Vector Space Model yang menggunakan model aljabar. GVSM menggunakan pertimbangan kedekatan antar kata yang dinyatakan dalam vector dua dimensi. Dalam Aplikasi pencarian buku, judul, pengarang, dan sinopsis buku dimasukkan ke dalam database dan dilakukan preprocessing diantaranya tokenisasi, stopword removal, dan stemming. Hal yang sama untuk kata kunci (query) pencarian yang diinputkan user juga dilakukan proses preprocessing. Dalam GVSM, dokumen dan query pencarian akan diubah kedalam bentuk vector dan dicari similaritasnya berdasarkan perkalian vector. Hasil dari implementasi metode GVSM dalam aplikasi pencarian buku di perpustakaan didapatkan hasil perbandingan nilai precision dan recall sebesar 0.703 dan 0.910 yang artinya hasil pencarian yang ditampilkan masih mendekati keinginan user.


Kata Kunci: Pencarian Dokumen, Generalized Vector Space Model, Similaritas, Query

Published
2019-04-01
How to Cite
MADE SUWIJA PUTRA, I; PUTU AYU WIDIARI, Ni; WAYAN GUNAYA, I. Implementasi Generalized Vector Space Model (GVSM) dalam Pencarian Buku di Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], p. 86-94, apr. 2019. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/48921>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.